Ramadan 2018

Tiga Aplikasi Pengingat Salat

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 20 May 2018 17:02 WIB
aplikasiRamadan 2018
Tiga Aplikasi Pengingat Salat
Ilustrasi.

Jakarta: Bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat bagi umat muslim untuk menabung pahala. Salat merupakan ibadah wajib yang dilakukan oleh umat muslim. Umat Islam juga didorong untuk menyegerakan salat setelah azan berkumandang.

Sayangnya, Anda tidak selamanya bisa mendengar suara kumandang azan, terutama ketika Anda berada di dalam ruangan -- seperti kantor -- dan sibuk bekerja. 

Untungnya, banyak developer menyadari hal ini dan membuat aplikasi yang berfungsi memberitahukan waktu azan berkumandang. Aplikasi yang tersedia beragam. Ada yang hanya menawarkan fungsi untuk menampilkan waktu salat, ada juga aplikasi yang juga berisi doa bahkan Al-Qur'an. 

Inilah tiga aplikasi yang akan menampilkan informasi tentang waktu salat. 

1. Waktu Solat -Kiblat, Azan, Doa
Seperti namanya, aplikasi ini akan memberikan informasi terkait waktu salat, lengkap dengan kompas untuk menunjukkan kiblat dan juga berbagai doa. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan beberapa informasi Islami lain seperti Asma Ul Husna, nama 25 Nabi dan 10 malaikat dalam Islam.



Ketika Anda pertama kali membuka aplikasi ini, Anda akan diminta untuk memilih negara dimana Anda berada. Setelah itu, Anda akan diminta memberikan kota tempat Anda tinggal. Ketika Anda membuka fitur kompas, Anda akan diminta untuk memberikan izin agar aplikasi bisa mengakses lokasi ponsel. Tujuannya adalah agar aplikasi bisa menunjukkan arah kiblat dengan tepat. 

2. Waktu Solat dan Azan
Waktu Solat dan Azan akan meminta Anda untuk memilih bahasa yang Anda gunakan dan tempat Anda berada saat pertama kali membukanya. Opsi "Indonesia (Kementerian Agama RI)" berada paling atas.

Setelah itu, Anda bisa memilih berbagai fitur yang ada dalam aplikasi ini, seperti jadwal salat, kompas kiblat, Al-Qur'an, doa harian sampai masjid terdekat. 

Seperti namanya, fitur masjid terdekat berfungsi untuk menunjukkan masjid-masjid yang ada di sekitar lokasi Anda. Hal ini akan sangat membantu ketika Anda berada di lokasi yang tidak Anda kenali. 



Terkait pengingat waktu salat, Anda bisa mengaktifkan alarm -- yang nada deringnya bisa Anda pilih sendiri -- atau menonaktifkannya. 

3. Muslim Pro - Ramadhan 2018
Medcom.id sempat membahas Muslim Pro dalam daftar aplikasi Al-Qur'an digital. Namun, aplikasi ini tidak hanya menawarkan Al-Qur'an digital. Aplikasi ini juga menawarkan fitur pengingat waktu salat. Sama seperti dua aplikasi di atas, di Muslim Pro, Anda bisa mengatur untuk mengaktifkan alarm ketika waktu salat tiba. 



Satu hal lain yang menarik dari Muslim Pro adalah adanya fitur Komunitas dan juga Inspirasi Harian. Di fitur Komunitas, masing-masing pengguna bisa mengirimkan doa/harapan mereka. Para pengguna lain bisa mengetuk ikon hati untuk memberikan dukungannya. Sementara Inspirasi harian berisi kalimat-kalimat inspiratif terkait Ramadan. 


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

21 hours Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.