Google Blokir 1,75 Miliar Situs Pelanggar Hak Cipta

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 14 Sep 2016 16:18 WIB
google
Google Blokir 1,75 Miliar Situs Pelanggar Hak Cipta
Google telah blokir 1,75 miliar situs yang melanggar hak cipta. (Huffington Post)

Metrotvnews.com: Google ingin Anda tahu tentang mekanisme pemblokiran situs yang melanggar hak cipta yang dilakukannya.

Sebuah situs dari Google menunjukkan berapa banyak situs yang telah Google blokir karena melanggar hak cipta. Sejauh ini, Google telah memblokir 1,75 miliar situs, menurut laporan The Next Web.

Dalam situs baru dari Google ini, Anda juga dapat mengetahui beberapa banyak permintaan pemblokiran situs yang ditolak oleh Google Sejauh ini, sebanyak 40 juta permintaan pemblokiran situs, atau sekitar 2,1 persen dari total permintaan, ditolak oleh Google. 



Setiap permintaan pemblokiran situs akan melalui 4 proses. Pertama, pemilik hak cipta mengirimkan permintaan pemblokiran situs atas dasar "pelanggaran hak cipta".

Google lalu meninjau permintaan itu dan menyetujuinya jika tidak ada masalah dengan permintaan tersebut. Kemudian, Google mengirimkan notifikasi pada pemilik situs yang hendak diblokir. 

Sang pemilik situs dapat mencegah pemblokiran situsnya dengan menyediakan argumen bahwa situsnya tidak melanggar hak cipta atau dengan menghapus konten yang dianggap melanggar hak cipta. Google lalu memutuskan apakah mereka akan kembali meletakkan situs itu di hasil pencarian atau tidak.

Di situs dari Google ini, Anda juga dapat melihat berapa banyak permintaan pemblokiran yang telah dikirimkan oleh sebuah perusahaan. Anggota Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) telah meminta Google untuk memblokir lebih dari 80 juta situs.

Selain itu, Anda juga dapat melihat berapa banyak perusahaan yang ingin sebuah situs diblokir. ThePirateBay.se misalnya telah mendapatkan 4 juta permintaan pemblokiran meski ia hanya aktif dalam waktu yang tidak lama.


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

4 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /