Kominfo Mulai Blokir 3 Aplikasi LGBT

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 16 Sep 2016 15:43 WIB
kominfo
Kominfo Mulai Blokir 3 Aplikasi LGBT
Tiga aplikasi gay telah diblokir. (AP Photo / Altaf Qadri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada hari Rabu, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan pertemuan dengan stakeholder alias pemangku kepentingan terkait rencana pemblokiran belasan aplikasi gay.

Pertemuan ini diikuti oleh perwakilan Kementerian Agama, Kementerian Sosial, KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia), perwakilan Muhammadiyah, perwakilan Persatuan Gereja Indonesia dan ICT Watch.

Melalui rapat itu, akhirnya Kominfo memutuskan untuk memblokir 3 dari 18 aplikasi gay yang ingin diblokir. Ketiga aplikasi tersebut adalah BoyAhoy, Grindr dan Blued.

Plt. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Noor Iza mengatakan, ketiga aplikasi gay tersebut diblokir karena mempromosikan LGBT atau penyimpangan seksual.

Untuk memblokir ketiga aplikasi ini, Kominfo menghubungi Apple dan Google sebagai penyedia platform Google Play Store dan Apple App Store. Kominfo memberikan rekomendasi pada Google dan Apple untuk memblokir BoyAhoy, Grindr dan Blued.

Sementara 15 aplikasi lainnya masih belum akan diblokir. Noor menjelaskan, 15 aplikasi sisanya masih akan diinvestigasi untuk menentukan apakah ia mengandung konten LGBT atau penyimpangan seksual.

Kominfo telah siap untuk memblokir 18 aplikasi gay yang ada di Play Store dan App Store sejak minggu lalu. Pemblokiran ini bermula ketika Bareskrim menyampaikan bahwa anak-anak yang menjadi korban prostitusi anak di Bogor merupakan pengguna dari aplikasi media sosial khusus gay.


(MMI)

Video /