Telkom Dukung Pelni, Penguatan ICT Perusahaan

M Studio    •    Kamis, 08 Sep 2016 17:50 WIB
berita telkom
Telkom Dukung Pelni, Penguatan ICT Perusahaan
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjalin kerja sama dengan PT Pelni (Persero) -- Foto:Dok.Telkom

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbekal semangat sinergi BUMN serta meningkatkan kinerja perusahaan, khususnya pekerjaan yang berkaitan information, communication and technology (ICT), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjalin kerja sama dengan PT Pelni (Persero).

Kesepakatan kerja sama itu diresmikan melalui Kick Off Implementasi Oracle Enterprise Business Suite (OEBS). Penandatanganan komitmen dilakukan oleh Direktur Enterrise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin dan Direktur Utama Pelni Elfien Goentoro di Kantor Pusat Pelni, Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Dalam sambutannya, Direktur EBIS Telkom menyampaikan terima kasih kepada Pelni atas kepercayaan kepada Telkom untuk membangun sistem Enterprise Resources Planning (ERP), yaitu pengembangan sumber daya perusahaan melalui dukungan ICT, di mana implementasi OEBS menjadi bagian dari ERP.

“Change Management People merupakan hal utama dalam mendukung terselenggaranya project implementasi ERP di PELNI. Komitmen bersama seluruh jajaran PELNI dan Telkom akan membuat penyelesaian project ini dapat berjalan lebih cepat, lebih smooth menuju best practice,” ujar Awaluddin.

Implementasi OEBS di lingkungan kerja Pelni terdiri atas sejumlah pekerjaan, yaitu pengadaan lisensi aplikasi Oracle Enterprise Business Suite modul Financial Management, pengadaan Lisensi Oracle Database Enterprise Edition serta pengadaan Perangkat Hardware Server sampai pendampingan dan support implementasi.

Rencananya, implementasi OEBS akan selesai dalam 6 bulan. Seluruh pekerjaan diserahkan Telkom kepada anak usahanya, PT Sigma Solusi Integrasi.

Sementara itu, Direktur Utama Pelni Elfien Goentoro menjelaskan, jalinan kerja sama antara Telkom dan Pelni sudah berlangsung cukup lama, mulai dari Sistem Komunikasi Kapal, Call Center 162, dan saat ini sekarang aplikasi oracle. “Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan keuntungan tidak hanya dari sisi finasial, tapi juga kinerja keseluruhan corporate,” kata Elfien Goentoro.

Melalui sinergi BUMN antara Telkom dan Pelni ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kinerja dan benefit kedua perusahaan, namun sekaligus memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia.

Penandatanganan komitmen kick off juga dihadiri oleh Komisaris Pelni Sudarto. Sementara, dari pihak Telkom, acara ini juga dihadiri oleh EVP Divisi Enterprise Service Siti Choiriana, Dirut Telkom Sigma Judi Achmadi, Direktur Utama PT Sigma Solusi Integrasi Bambang Hari Purnomo dan GM Maritim & Logistik Telkom Iman Pramudito Hanggoro Edhi.


(ROS)