Qualcomm Kenalkan Snapdragon 835, Hadir di Galaxy S8 Tahun Depan

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 18 Nov 2016 12:23 WIB
samsungqualcomm
Qualcomm Kenalkan Snapdragon 835, Hadir di Galaxy S8 Tahun Depan
Snapdragon 835 gunakan arsitektur 10nm

Metrotvnews.com: Qualcomm baru saja memperkenalkan system on chip (SoC) Snapdragon 835. Ia merupakan SoC flagship terbaru yang dikatakan akan digunakan di berbagai ponsel kelas atas.

Tidak seperti pendahulunya, Snapdragon 821, Snapdragon 835 dibuat menggunakan arsitektur 10nm FinFET. Ia juga merupakan SoC 10nm pertama di dunia.

Menurut Engadget, Snapdragon 835 akan dibuat oleh Samsung, sama seperti Snapdragon 821. Pihak Qualcomm mengklaim Snapdragon 835 akan tampil dengan peningkatan performa hingga 27 persen, serta 40 persen lebih hemat daya dibandingkan dengan Snapdragon 821 yang menggunakan arsitektur 14nm FinFET.

Selain Samsung dengan Snapdragon 835, perusahaan lain seperti Intel dan TSMC juga dilaporkan sedang mengembangkan prosesor 10nm. Namun, hingga saat ini, hanya Samsung yang telah mengonfirmasi bahwa mereka akan memproduksi prosesor 10nm.

Samsung VP, Jong Shik Yoon, mengatakan kerja sama Samsung dengan Qualcomm kali ini merupakan salah satu pencapaian terpenting dalam industri prosesornya. Tentu saja ini juga merupakan kabar baik bagi Samsung yang baru-baru ini dilanda masalah besar karena kasus meledaknya Galaxy Note 7.

Menurut Qualcomm, Snapdragon 835 akan digunakan di berbagai ponsel kelas atas, salah satunya adalah Samsung Galaxy S8 yang akan hadir tahun depan. Rumor mengatakan, Qualcomm juga akan mengumumkan SoC Snapdragon 830 dalam waktu dekat. Namun, hal tersebut masih belum dikonfirmasi hingga saat ini.

Snapdragon 835 akan hadir dengan berbagai fitur baru, salah satunya adalah Quick Charge 4 yang diklaim memungkinkan daya baterai ponsel diisi 20 persen lebih cepat. Selain itu, Qualcomm juga mengatakan Quick Charge 4 mampu mengisi daya ponsel hingga 50 persen hanya dalam waktu 15 menit saja. Sistem pengisian daya ini juga telah kompatibel dengan pengisian daya melalui USB-C.

Agar lebih aman, Qualcomm juga menambahkan sistem keamanan khusus yang dapat memonitor seluruh aktivitas ponsel ketika pengisian daya. Sistem kemanan tersebut dikatakan bisa mengontrol regulasi daya di dalam ponsel sehingga mampu meminimalisir kecelakaan akibat overcharge


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /