Rusia Ingin Buat Koloni di Bulan

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 18 Oct 2016 10:01 WIB
antariksa
Rusia Ingin Buat Koloni di Bulan
Rusia ingin membuat koloni di bulan

Metrotvnews.com: Sementara NASA dan SpaceX berencana untuk membuat koloni manusia di Mars, Rusia justru ingin membuat koloni di bulan.

Menurut Futurism, agensi luar angkasa Rusia, yaitu Rocosmos, baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk mengirimkan manusia ke bulan antara tahun 2025 dan 2045.

Jika misinya berhasil, Rusia akan tampil sebagai negara kedua yang berhasil mendaratkan manusia di bulan setelah Amerika Serikat melalui misi Apollo 11.

Pendaratan manusia di bulan oleh Rocosmos bukan tanpa tujuan. Agensi luar angkasa Rusia tersebut juga akan melakukan berbagai penelitian dan uji coba di permukaan bulan yang nantinya akan menjadi fondasi pembentukan koloni di bulan.

Rocosmos tidak akan sendirian dalam menjalankan misinya kali ini. Mereka juga dilaporkan akan dibantu oleh lembaga antariksa eropa (ESA).

Saat ini, Rocosmos mengatakan tengah menyiapkan berbagai hal untuk memfasilitasi misi tersebut. Salah satunya adalah pengembangan baju antariksa baru yang diklaim mampu membuat astronot bergerak lebih bebas dan berjalan di atas bulan yang gravitasinya jauh lebih rendah dari Bumi.

Meski demikian, keputusan Rocosmos kali ini juga telah mendapatkan cibiran dari berbagai pihak. Rocosmos dianggap memiliki visi yang "tertinggal" karena NASA dan SpaceX memiliki visi yang lebih jauh, yaitu kolonisasi di Mars.

Kritikan serupa juga dilontarkan oleh Yury Karash, salah stau anggota dari Russian Academy of Cosmonautics, yang mengatakan misi pendaratan di bulan akan menunjukkan keterbelakangan Rusia.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /