BPT Kenalkan Solusi Power Backup Terbaru Untuk Data Center

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 17 Oct 2016 15:58 WIB
teknologi
BPT Kenalkan Solusi Power Backup Terbaru Untuk Data Center
Saat peluncuran UPS dan Genset dari BPT.

Metrotvnews.com, Jakarta: Blue Power Technology (BPT), salah satu  anak perusahaan CTI Group, hari ini, Senin (17/10/2016), memperkenalkan solusi power backup terbaru untuk server dan data center.

Solusi power backup dari Riello dan AOSIF kali ini dikatakan mampu memghadirkan aliran daya listrik untuk server dan data center selama 24 jam. Pihak BPT juga mengatakan solusi ini dapat meminimalisir terjadinya downtime terhadap server dan data center, sehingga kerugian dari downtime bisa ditekan.

"Data center memerlukan arus listrik selama 24 dan tidak boleh mati sedetik pun," ujar Presiden Direktur BPT, Lugas M. Satrio. "Di sini, peran UPS dan genset sangat penting untuk menjaga ketersediaan listrik bagi server dan data center. Sayangnya, perusahaan kadang mengabaikan dua perangkat ini, bahkan masih ada yang luput dari pemeliharaan berkala."

Menurut riset Ponemon Institute, kegagalan sistem terhadap UPS menempati urutan pertama penyebab utama downtime dari sebuah server. Dampak finansial yang ditimbulkan juga sangat besar, yaitu mencapai USD740.357 (Rp9,7 miliar) per kejadian. Parahnya lagi, Indonesia menempati urutan ke 33 dari 37 negara dalam Data Center Risk Report 2016.

Dari permasalahan tersebut, BPT menghadirkan solusi berupa UPS dari Riello. UPS yang terdiri dari single phase dan three phase ini dikatakan mampu menghadirkan daya listrik cadangan hingga 6,4 MVA. UPS ini juga hadir untuk berbagai skala, mulai dari UKM, pabrik skala besar, hingga data center.

Salah satu kelebihan lain yang dimiliki oleh UPS Riello adalah kemampuan untuk menstabilkan tegangan sekaligus mendiagnosa dan melakukan manajemen daya di dalam UPS, sehingga  dapat mengantisipasi terjadinya gangguan terhadap sistem.

Sedangkan untuk suplai daya berkelanjutan, BPT memperkenalkan genset dari AOSIF. Genset ini bisa menghadirkan daya 5 hingga 5000kva untuk genset diesel dan daya 25 hingga 1500kva untuk genset gas. Keunggulan dari genset ini adalah memiliki desain yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan telah dilengkapi dengan sistem kontrol otomatis.

Selain pengadaan perangkat UPS dan Genset, BPT juga menyediakan layanan konsultasi dan perawatan berkala ke konsumennya.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.