Telkomsel Perluas Jangkauan T-Cash ke Seluruh Indonesia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 11 Nov 2016 15:18 WIB
telkomsel
Telkomsel Perluas Jangkauan T-Cash ke Seluruh Indonesia
Rudy Hamdani, VP Operations, Mobile Financial Services, Telkomsel.

Metrotvnews.com, Jakarta: Telkomsel memperluas jangkauan uang digital T-Cash, setahun melakukan peluncuran ulang. T-Cash kini bisa digunakan di seluruh Indonesia, meluas dari sebelumnya hanya kawasan Jabodetabek.

Bersamaan dengan itu, Telkomsel juga mengumumkan kerja sama dengan KFC, sehingga kini, konsumen KFC bisa membayar menggunakan T-Cash. Rudy Hamdani, VP Operations, Mobile Financial Services, Telkomsel menjelaskan, KFC kini telah memiliki 550 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Karena itu, KFC dianggap sebagai rekan yang tepat untuk membantu Telkomsel memperluas jangkauan T-Cash.

"Kami ingin menjadi the next digital payment. Semua transaksi T-Cash bisa dilihat melalui ponsel. Jadi, ponsel menjadi pengganti dompet," kata Rudy, Jumat (11/11/2016).

Saat ini, dari 160 juta pelanggan Telkomsel, baru 1 juta orang yang menggunakan T-Cash. Setiap bulan, terdapat sekitar 400 ribu transaksi dengan rata-rata nilai transaksi sekitar Rp50 - 100 ribu. 

Dengan ekspansi ke seluruh Indonesia, Rudy berharap, pengguna T-Cash akan bertambah 500 ribu orang lagi hingga akhir tahun ini. Sementara pada akhir tahun depan, Rudy berkata, dia berharap pengguna T-Cash akan bertambah hingga 9 juta orang. 

T-Cash telah bekerja sama dengan berbagai merchant, seperti KFC, Coffee Beans, McDonald's, Baskin Robins dan lain sebagainya dengan total outlet hingga 6.000. Ke depan, Telkomsel ingin memperbanyak jumlah merchant yang bekerja sama dengan mereka. 

"Kami juga akan bekerja sama dengan mitra daerah, yaitu merchant atau restoran yang mungkin skalanya tidak terlalu besar," kata Rudy saat ditemui di KFC Kemang. "Sekarang, T-Cash sudah dapat digunakan di 6.000 outlet, nanti, kami akan mengembangkan T-Cash hingga bisa diterima di 30 ribu outlet."


(ABE)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.