Waze Rangkul Esri Tingkatkan Akurasi Peta

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 12 Oct 2016 17:08 WIB
waze
Waze Rangkul Esri Tingkatkan Akurasi Peta
Waze mengumumkan kerjasama dengan Esri untuk hadirkan peta lebih akurat.

Metrotvnews.com: Waze mengumumkan kerja sama dengan Esri, penyedia software Geographic Information Systems (GIS) di 25 negara bagian, pemerintah lokal dan nasional di Amerika Serikat. Hingga saat ini, Waze mengklaim telah memiliki 65 juta pengguna aktif bulanan.

Tidak dinilai sebagai alat infrastruktur komunikasi (V2I) yang akan bermanfaat untuk kendaraan mandiri di masa depan, sistem aplikasi-ke-infrastruktur ini mampu meningkatkan trafik dan menghadirkan peta yang lebih dapat diandalkan oleh pengemudi dibandingkan peta yang ada saat ini.

Kerja sama serupa ini bukanlah hal baru bagi Waze. Sebelumnya, Waze telah melaksanakan Connected Citizens Program (CCP) sejak tahun 2014, program pertukaran data dua-arah secara gratis dengan kota mitranya, seperti yang dilaporkan Tech Crunch.

Baru-baru ini Waze mengumumkan telah bekerja sama dengan mitra ke 100 pada Program CCP tersebut, yaitu Transport for London. Namun, Waze menyebut program ini dapat berfungsi di kota-kota di seluruh dunia, dari Jakarta, Rio de Janeiro, sampai Montreal.

Sejumlah kota mitra Waze juga dilaporkan telah menggunakan layanan Esri, sehingga memudahkan penambahan data Waze pada software pemetaan yang saat ini digunakan oleh kota tersebut. Namun, kemudahan tersebut juga dibayangi oleh hambatan.

Menurut New Business Development Manager Waze, Adam Fried, salah satu hambatan terbesar yang dihadapi Waze pada kota mitra tersebut adalah kendala di bidang sumber daya, yaitu waktu, biaya dan teknologi. Bekerja sama dengan Esri mempermudah Waze menangani hambatan tersebut, tanpa harus berinvestasi pada software atau pelatihan khusus.

Sebagai informasi, sebelumnya Esri juga bekerja sama dengan HERE pada tahun 2013. Software karya Esri digunakan sejumlah kota sebagai sistem perekaman dan pencatatan. Dari kota-kota penggunanya, Esri telah menghimpun data terkait jarak jalan, rambu jalan, zona sekolah dan wilayah sekolah.

Dengan lebih dari 420 ribu editor yang dimiliki Waze, kerja sama dengan Esri ini akan menghadirkan kemudahan lebih baik bagi pengendara pengguna aplikasi dan layanan tersebut untuk dapat mencapai lokasi tujuan dengan lebih cepat dan aman.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.