Malware Bisa Manfaatkan Gambar Media Sosial untuk Bajak PC Anda

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 28 Nov 2016 08:19 WIB
media sosialcyber security
Malware Bisa Manfaatkan Gambar Media Sosial untuk Bajak PC Anda
Ada ransomware yang memanfaatkan kelemahan di media sosial seperti Facebook. (Reuters/Rick Wilking)

Metrotvnews.com: Malware tidak hanya dapat menyerang komputer Anda melalui eksploitasi pada peramban atau sistem operasi. Terkadang, media sosial yang seseorang gunakan yang menjadi masalah.

Para peneliti di Check Point menemukan sebuah varian ransomware, Locky, yang memanfaatkan kelemahan pada sistem pemprosesan gambar media sosial seperti Facebook dan LinkedIn untuk menginfeksi sebuah PC. 

Trik yang digunakan oleh sang penyerang adalah dengan memaksa peramban Anda untuk mengunduh file gambar yang mengandung malware yang akan membajak sistem Anda begitu Anda membukanya.

Setelah Anda membuka gambar itu, file Anda akan terenkripsi, memaksa Anda membayar sang penyerang untuk mendapatkan kunci dekripsi, lapor Engadget.

Meskipun Locky cenderung mudah untuk dihindari jika Anda sadar akan keberadaannya -- pastikan Anda tidak membuka file gambar yang mengandung ransomware ini -- mekanisme penyebaran ransomware inilah yang membuat para analis khawatir.

Banyak aplikasi keamanan yang secara eksplisit percaya pada jejaring sosial besar. Banyak orang yang tidak khawatir ketika mereka mengunduh gambar dari media sosial seperti Facebook. Check Point berkata, mereka telah menghubungi Facebook dan LinkedIn tentang kelemahan ini pada bulan September. Namun, masih belum diketahui apakah keduanya telah memperbaiki kelemahan yang ada. 

Laporan ini menunjukkan, keamanan di media sosial adalah sesuatu yang sangat penting. Karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati dengan unduhan dari media sosial.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.