Microsoft Surface Phone Gunakan Snapdragon 835, Rilis Akhir 2017

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 26 Nov 2016 17:16 WIB
microsoft
Microsoft Surface Phone Gunakan Snapdragon 835, Rilis Akhir 2017
MIcrosoft SUrface Phone akan dirilis akhir tahun depan

Metrotvnew.com: Setelah lama tidak ada kabar, laporan Microsoft Surface Phone akhirnya kembali muncul.

Menurut WCCFTech, CEO Microsoft, Satya Nadella mengeluarkan pernyataan resmi mengenai Surface Phone. Nadella mengatakan Surface Phone tidak akan sama dengan ponsel flagship lain seperti iPhone 7 atau Galaxy S7. Surface Phone dikatakan akan fokus kepada interaksi pengguna dan perangkatnya.

Tidak hanya itu, beberapa sumber mengatakan Microsoft telah menyediakan dua prototipe Surface Phone. Satu menggunakan RAM 6GB dan mampu menjalankan aplikasi x86 melalui Continuum, dan satu lagi menggunakan RAM 4GB namun tidak mendukung aplikasi x86 di Continuum. Dukungan aplikasi x86 juga masih terbatas pada software yang mendukung Microsoft Desktop Projection.

Menariknya, kedua perangkat tersebut akan menggunakan Windows 10 Mobile dan prosesor Snapdragon 835. Melihat Microsoft yang sudah puluhan tahun berpengalaman mengembangkan sistem operasi, akan sangat menarik untuk melihat bagaimana mereka memanfaatkan performa Snapdragon 835 secara maksimal.

Kabarnya, Snapdraon 835 mampu menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 3GHz melalui chip Kyro quad-core. Dua ponsel tersebut juga hadir dengan layar 5,5 inci QHD.

Surface Phone juga dikatakan akan hadir dalam dua varian, yaitu untuk konsumen biasa dan untuk sektor enterprise. Microsoft juga sedang menyiapkan aksesoris khusus agar ponsel ini bisa terhubung ke laptop. Sementara untuk perilisannya, Surface Phone dijadwalkan akan dirilis pada akhir tahun 2017 mendatang. 

Surface Phone akan menjadi perangkat yang menarik, apalagi jika melihat gelagat Microsoft yang sudah beberapa kali menghadirkan perangkat unik, mulai dari HoloLens, Surface Book, hingga Surface Studio. 

Microsoft masih memiliki cukup banyak waktu untuk melakukan pengembangan lanjutan terhadap Surface Phone. Akan lebih menarik lagi jika ponsel ini memiliki fitur yang belum pernah ada di sebuah ponsel sebelumnya.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.