Microsoft Mulai Pasarkan Surface Laptop dan Surface Pro

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 18 Jun 2017 12:12 WIB
microsoft
Microsoft Mulai Pasarkan Surface Laptop dan Surface Pro
Microsoft mulai memasarkan Microsoft Surface Laptop bersamaan dengan Surface Pro.

Metrotvnews.com: Microsoft mengumumkan rangkaian Surface Laptop baru, bersamaan dengan versi update Surface Pro. Laptop baru ini merupakan perangkat unggulan Windows 10S dan saat ini dipasarkan bersama anggota Pro lainnya.

Menurut GSM Arena, Surface Laptop tersedia di 20 negara, namun Microsoft baru menawarkan versi Core i5 pada 20 negara tersebut. Microsoft menyebut varian Core i7 baru akan tersedia pada musim panas mendatang atau pada kuartal ketiga.

Pada 20 pasar tersebut, Microsoft menawarkan warna perak sebagai pilihan warna Surface Laptop. Sementara itu, perangkat yang dipasarkan di Amerika Serikat tersedia dalam pilihan warna Cobalt Sea, Graphite Gold, dan Burgundy.

Perangkat ini dipasarkan dengan harga mulai USD999 (Rp13,3 juta), dan di wilayah Inggris seharga dari GBP979 (Rp16,7 juta) hingga GBP2.149 (Rp36,7 juta). Sementara itu, Surface Pro dipasarkan seharga USD799 (Rp10,6 juta) atau GBP799 (Rp13,6 juta).

Sedangkan Surface Pen seharga USD99 (Rp1,32 juta) dipasarkan secara terpisah. Sementara itu sebelumnya, Microsoft telah meluncurkan Modern Mouse dan Modern Keyboard, perangkat input terbaru yang memiliki desain serupa dengan Surface terbaru.

Sama seperti keyboard milik Apple, keyboard baru Microsoft ini memiliki tombol chicklet dan frame aluminium yang berat tapi Microsoft klaim tahan banting. Keyboard ini juga berbekal sensor sidik jari yang tersembunyi di antara tombol Alt dan Ctrl, sehingga keberadaannya tidak akan mengganggu pengguna ketika sedang mengetik.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.