Akuisisi Tiket.com, Apa Langkah Selanjutnya BliBli.com?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 16 Jun 2017 14:50 WIB
e-commerce
Akuisisi Tiket.com, Apa Langkah Selanjutnya BliBli.com?
Ki-ka: Kusumo Martanto, George Hendrata dan Gaery Undarsa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Blibli mengakuisisi Tiket.com. Penandatanganan akuisisi ini dilakukan oleh CEO Blibli, Kusumo Martanto dan Co-founder dan COO Tiket.com, Gaery Undarsa pada Senin (12/6/2017). Ketika itu, George Hendrata juga diangkat menjadi CEO Tiket.com yang baru.

Blibli mulai tertarik dengan travel online pada akhir tahun 2016. Ketika itu, mereka meluncurkan Blibli Travel, yang menawarkan lebih dari 1.000 varian produk travel, mulai dari tiket kereta api, voucher hotel hingga tiket hiburan dan gaya hidup.

Hingga tahun 2016, pembelian produk travel mencapai 35 persen, menjadikan produk ini sebagai produk jasa dengan pembelian tertinggi. Selain itu, generasi milenial terbukti memiliki keinginan tinggi untuk berjalan-jalan. 

Untuk mendapatkan pengalaman berpergian, mereka rela mengeluarkan uang rata-rata Rp30 juta per tahun. Sementara di Indonesia, generasi milenial dengan umur di bawah 31 tahun mencapai sekitar 51 persen. Semua ini menunjukkan bahwa bisnis online travel memiliki potensi besar untuk berkembang. 

"Tiket.com memiliki track record bisnis yang bagus. Dalam waktu relatif singkat, Tiket.com tumbuh menjadi salah satu OTA terbesar di Indonesia," ujar Kusumo. "Di sisi lain kami juga melihat visi misi dan nilai perusahaan Tiket.com memiliki banyak kesamaan dengan Blibli.com." Dia merasa, sama seperti Blibli, Tiket.com juga fokus pada kepuasan pelanggan dan konsisten dalam menjalankan bisnis.

Alasan lain Blibli tertarik untuk mengakuisisi Tiket.com adalah karena ia merupakan OTA (Online Travel Agent) terbesar untuk produk tiket. Di Tiket.com, Anda akan menemukan berbagai tiket, mulai dari pesawat, hotel, kereta api, mobil rental hingga tiket konser. Selain itu, Tiket.com bekerja sama dengan lebih dari 35 maskapai penerbangan domestik dan internasional serta ribuan hotel lokal dan internasional.

"Proses akuisisi telah dilakukan dari 5 bulan lalu. Kami melihat ini akan membuka peluang sangat besar bagi Tiket.com untuk bertumbuh secara eksponensial," ujar Gaery. "Melihat potensi kedepannya dan banyaknya kesamaan dalam culture & visi bisnis, kami sangat bersemangat untuk bergabung dalam keluarga Blibli.com."

Dukungan yang akan diberikan oleh Blibli pada Tiket.com meliputi share inventory, program penjualan, dan promosi termasuk peentrasi media sosial. Selain itu, Blibli juga akan memperkuat sumber daya manusia Tiket.com.


(MMI)