Operator Telekomunikasi Siap Hadapi Arus Mudik dan Balik 2017

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 19 Jun 2017 15:12 WIB
telekomunikasimudik lebaran 2017
Operator Telekomunikasi Siap Hadapi Arus Mudik dan Balik 2017
Ilustrasi mudik. (Antara Foto/Widodo S Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) menyatakan bahwa jaringan telekomunikasi di 3 titik keberangkatan mudik akan siap menghadapi arus mudik dan arus balik mudik tahun 2017. 

"Kita telah melakukan pengecekan seluruh operator di 3 titik keberangkatan, yaitu Jakarta, Balikpapan dan Batam, yang merupakan titik keberangkatan mudik," ujar Komisioner BRTI, Muhammad Imam Nashiruddin saat ditemui di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (19/6/2017).

"Kita lakukan pengecekan di semua kota kedatangan. Itu ada sekitar 7 kota, yaitu Medan. Surabaya, Makassar, Bandung, Padang, Semarang. dan Lampung."

Jakarta diperkirakan akan menjadi titik utama keberangkatan mudik, mengingat banyak pekerja yang tinggal di Ibu Kota sementara Idul Fitri identik sebagai waktu bagi masyarakat untuk pulang ke kampung halamannya untuk bertemu dengan keluarga. 

Untuk menguji jaringan telekomunikasi, BRTI melakukan pengujian pada 4 tipe layanan, yaitu pada layanan suara atau telepon, pada layanan SMS, layanan internet dan cakupan jaringan. Untuk layanan kualitas suara, hal-hal yang menjadi acuan adalah tingkat keberhasilan panggilan, kegagalan panggilan, kualitas suara dan durasi telepon.

Sementara untuk layanan SMS, acuannya adalah tingkat keberhasilan pengiriman dan lama pengiriman pesan. Untuk layanan internet, kecepatan rata-rata mengunduh dan tingkat keberhasilan mengunduh menjadi parameter pengujian. Sementra pengujian cakupan jaringan dilakukan sepanjang rute jalan utama di kota. 

Selain jalan yang dilalui pemudik, bandara, stasiun kereta api, terminal bus dan pelabuhan kapal juga menjadi tempat dimana sinyal operator diuji. Secara keseluruhan, Imam mengatakan bahwa semua operator di Indonesia (Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, H3I atau Tri, Smartfren, Smart Telecom dan Sampoerna Telekomunikasi Indonesia) telah berhasil mempersiapkan jaringan mereka untuk menghadapi lonjakan trafik saat mudik. 

"Secara keseluruhan, dari BRTI bisa menyatakan bahwa titik-titik keberangkatan, jalur mudik kereta api, dan titik kedatangan. kita bisa sampaikan, hasilnya baik dan siap melayani arus mudik dan balik tahun 2017," ujar Imam. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /