Microsoft Surface Pro Baru Meluncur Desember?

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 27 Sep 2017 17:37 WIB
microsoft
Microsoft Surface Pro Baru Meluncur Desember?
Eksekutif Microsoft menyebut perangkat Surface Pro baru akan dirilis pada awal bulan Desember mendatang.

Metrotvnews.com: Pada bulan Mei lalu, Microsoft mengumumkan penerus Surface Pro 4 yang disebut dengan nama Surface Pro baru. Perangkat tersebut dinilai belum cukup canggih untuk dapat mengusung nama Surface Pro 5, sehingga sejumlah pihak juga menyebut model tersebut dengan nama Surface Pro LTE.

Model tersebut didukung oleh prosesor Core i5 serta konektivitas LTE terintegrasi, pertama kali disematkan Microsoft pada perangkat Surface Pro. Jaringan LTE terintegrasi turut membatasi dukungan RAM pada tablet Surface, yaitu 4GB atau 8GB, dengan memori internal 128GB hingga 256GB, serta GPU Intel HD Graphics 620.

Sebagai perbandingan, model unggulan Surface Pro baru didukung oleh prosesor Intel Core i7 dengan RAM 16GB dan memori internal berkapasitas 1TB. Sebelumnya, hanya model Surface berbasis ARM didukung oleh Windows RT, yang dilengkapi dengan konektivitas LTE tanpa membutuhkan bantuan dongle.

Empat bulan setelah pengumuman Surface Pro baru, beredar rumor terkait dengan model baru perangkat tersebut. Pada Microsoft Ignite 2017 di Orlando, eksekutif Microsoft menyebut Surface Pro akan dirilis pada awal Desember mendatang, meski pernyataan ini bukan merupakan pengumuman resmi.

Informasi lebih lanjut terkait model baru Surface Pro LTE tersebut dilaporkan akan diumumkan pada bulan Oktober mendatang, pada ajang Futur Decode. Ajang yang akan dihelat di London, Inggris tersebut akan dimeriahkan oleh sambutan dari kepala divisi Surface Microsoft, Panos Panay.

Microsoft juga dilaporkan berencana untuk menggelar acara khusus Windows Mixed Reality bulan Oktober mendatang. Perusahaan software raksasa itu telah mulai mengundang media ke dalam acara yang akan diadakan pada 3 Oktober di San Francisco, Amerika Serikat.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.