Oracle: Milenial Cocok Jadi Direktur Keuangan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 02 Aug 2017 19:52 WIB
oracle
Oracle: Milenial Cocok Jadi Direktur Keuangan
Oracle menganggap, posisi direktur keuangan cocok dipegang oleh milenial.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekarang, semakin banyak startup yang muncul. Keberadaan startup ini memunculkan disrupsi digital. Misalnya, bagaimana startup seperti Go-jek, Uber dan Grab mendisrupsi industri transportasi.

Pada bulan Maret tahun lalu, ribuan massa Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat (PPAD) memadati depan gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika. Alasannya, mereka ingin agar pemerintah melarang keberadaan perusahaan transportasi berbasis aplikasi.

Industri transportasi bukanlah satu-satunya industri yang mengalami disrupsi. Faktanya, sekitar 83 persen pebisnis di Asia Pasifik menganggap startup sebagai "ancaman" mereka. Selain disrupsi digital, ada beberapa hal lain -- seperti mundurnya AS dari Kerja Sama Trans-Pasifik dan melambatnya pertumbuhan GDP di Tiongkok --  yang membuat perusahaan kesulitan untuk mencari strategi yang tepat untuk tidak hanya bertahan, tapi juga tumbuh. 

Karena itulah, posisi CFO atau Direktur Keuangan menjadi semakin penting. Jika dulu CFO hanya bertugas untuk menyimpan buku besar dan menjadi akuntan perusahaan, kini mereka juga harus bisa mengarahkan perusahaan ke jalan yang tepat. 

"Selain tugas rutinnya seperti mengatur anggaran dan menyusun laporan keuangan, CFO semakin diharapkan untuk menjadi pengemudi strategis di mobil pertumbuhan bisnis dan inovasi -mengemban tugas untuk mewujudkan transformasi digital dan menarik nilai sebanyak-banyaknya dari operasional perusahaan. Inilah, CFO Masa Depan," ujar Mahadevan Natarajan, Sr Director APAC Enterprise Performance Management Business, Oracle.

Mahadevan menjelaskan, nantinya, CFO tidak hanya bertanggung jawab atas keuangan dan pelaporan di perusahaan. "Peran mereka justru untuk memastikan bahwa aspek keuangan, fungsional, dan operasional bisnis disatukan untuk menunjukkan nilai serta kinerja yang optimal kepada pemegang peranan," katanya. 

Hal ini dibuktikan oleh riset yang diadakan oleh Oracle. Berdasarkan riset tersebut, 52 persen direktur keuangan mengaku bahwa mereka juga diminta untuk memberikan saran bisnis terkait cara mencapai pertumbuhan di perusahaan. 

Menurut Mahadevan, ke depan, generasi milenial akan cocok untuk menjadi CFO. Alasannya karena mereka dipersenjatai dengan pendekatan yang lebih berani dan fokus yang tinggi dalam mencari cara inovatif untuk memajukan bisnis. Selain itu, milenilai juga lebih cenderung percaya pada teknologi. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /