Oracle: Milenial Cocok Jadi Direktur Keuangan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 02 Aug 2017 19:52 WIB
oracle
Oracle: Milenial Cocok Jadi Direktur Keuangan
Oracle menganggap, posisi direktur keuangan cocok dipegang oleh milenial.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekarang, semakin banyak startup yang muncul. Keberadaan startup ini memunculkan disrupsi digital. Misalnya, bagaimana startup seperti Go-jek, Uber dan Grab mendisrupsi industri transportasi.

Pada bulan Maret tahun lalu, ribuan massa Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat (PPAD) memadati depan gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika. Alasannya, mereka ingin agar pemerintah melarang keberadaan perusahaan transportasi berbasis aplikasi.

Industri transportasi bukanlah satu-satunya industri yang mengalami disrupsi. Faktanya, sekitar 83 persen pebisnis di Asia Pasifik menganggap startup sebagai "ancaman" mereka. Selain disrupsi digital, ada beberapa hal lain -- seperti mundurnya AS dari Kerja Sama Trans-Pasifik dan melambatnya pertumbuhan GDP di Tiongkok --  yang membuat perusahaan kesulitan untuk mencari strategi yang tepat untuk tidak hanya bertahan, tapi juga tumbuh. 

Karena itulah, posisi CFO atau Direktur Keuangan menjadi semakin penting. Jika dulu CFO hanya bertugas untuk menyimpan buku besar dan menjadi akuntan perusahaan, kini mereka juga harus bisa mengarahkan perusahaan ke jalan yang tepat. 

"Selain tugas rutinnya seperti mengatur anggaran dan menyusun laporan keuangan, CFO semakin diharapkan untuk menjadi pengemudi strategis di mobil pertumbuhan bisnis dan inovasi -mengemban tugas untuk mewujudkan transformasi digital dan menarik nilai sebanyak-banyaknya dari operasional perusahaan. Inilah, CFO Masa Depan," ujar Mahadevan Natarajan, Sr Director APAC Enterprise Performance Management Business, Oracle.

Mahadevan menjelaskan, nantinya, CFO tidak hanya bertanggung jawab atas keuangan dan pelaporan di perusahaan. "Peran mereka justru untuk memastikan bahwa aspek keuangan, fungsional, dan operasional bisnis disatukan untuk menunjukkan nilai serta kinerja yang optimal kepada pemegang peranan," katanya. 

Hal ini dibuktikan oleh riset yang diadakan oleh Oracle. Berdasarkan riset tersebut, 52 persen direktur keuangan mengaku bahwa mereka juga diminta untuk memberikan saran bisnis terkait cara mencapai pertumbuhan di perusahaan. 

Menurut Mahadevan, ke depan, generasi milenial akan cocok untuk menjadi CFO. Alasannya karena mereka dipersenjatai dengan pendekatan yang lebih berani dan fokus yang tinggi dalam mencari cara inovatif untuk memajukan bisnis. Selain itu, milenilai juga lebih cenderung percaya pada teknologi. 


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.