Demi Inovasi, Tiongkok Ingin Larang Mobil BBM

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 11 Sep 2017 09:10 WIB
teknologi
Demi Inovasi, Tiongkok Ingin Larang Mobil BBM
Ilustrasi. (Ford)

Metrotvnews.com: Tiongkok tengah mempersiapkan untuk menghentikan produksi dan penjualan mobil bahan bakar minyak (BBM) menurut laporan Bloomberg. Negeri Tirai Bambu tersebut berharap, larangan ini akan mendorong pembuat mobil lokal membuat mobil listrik. 

Dalam sebuah forum otomotif, Xin Guobin, Wakil Menteri Industri dan Teknologi Informasi Tiongok mengatakan, pemerintah tengah berusaha untuk membuat jadwal terkait pemberhentian produksi dan penjualan mobil-mobil yang menggunakan BBM.

Menurut laporan The Verge, Tiongkok adalah pasar mobil paling besar. Pada tahun 2016, lebih dari 28 juta mobil terjual. Belakangan, angka ini terus naik. Bloomberg menyebutkan, Tiongkok telah berusaha untuk mendorong perkembangan pasar mobil elektrik via subsidi. Ini merupakan usaha mereka untuk mengurangi emisi karbon di negaranya.

Tiongkok bukan satu-satunya negara yang mengumumkan rencana serupa untuk melarang penggunaan mobil berbahan bakar minya. Misalnya, Prancis dan Inggris berencana untuk melarang penjualan mobil BBM pada 2040. Kini, perusahaan pembuat mobil juga terus berusaha untuk mengembangkan mobil listrik. 

Volvo menjelaskan rencananya untuk hanya memproduksi mobil elektrik atau hibrida pada 2019. Sementara Jaguar Land Rover berencana untuk membuat mobil elektrik saja pada 2020. Aston Martin berencana untuk hanya membuat mobil hibrida pada 2025. 


(MMI)

Video /