Imagine Cup 2017

Inilah 8 Tim yang Masuk Semifinal Imagine Cup 2017 World Finals

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 26 Jul 2017 01:34 WIB
microsoftimagine cup
Inilah 8 Tim yang Masuk Semifinal Imagine Cup 2017 World Finals
Tim CIMOL dari ITB, wakil Indonesia dalam Imagine Cup 2017 World Finals

Metrotvnews.com, Seattle: Imagine Cup 2017 World Finals yang digelar di Seattle, Amerika Serikat, memasuki babak semifinal, Selasa (25/7/2017).

Setelah melalui tahap 32 besar dengan delapan tim yang bisa lolos, ditambah dengan dua tim dari slot Wild Card, ada 10 tim yang berhak untuk masuk ke babak berikutnya, yang kemudian diseleksi kembali demi menentukan 4 finalis.

Beberapa negara memang memliki karya yang cukup inovatif. Meksiko misalnya, mengirimkan wakilnya, Eranoi, dengan inovasi berupa perangkat penentu kualitas air dengan sensor pengukur kelembaban, suhu, dan kejernihan. Sementara dari Filipina yang diwakili Opticode, dengan aplikasi asisten virtual untuk tuna netra bernama Minerva.

Echo Innovators dari Nepal adalah salah satu pemenang Wild Card, dengan karyana berupa perangkat wearable yang mampu memantau kesehatan hewan ternak. NeuroGate dari Universitas Waterloo, Kanada, menciptakan software yang memanfaatkan Microsoft Kinect untuk mengumpulkan data dan analisis terhadap penyakit yang berkaitan dengan sistim saraf.



Nash adalah wakil dari Argentina dengan platform RESCUE untuk penerapan penyelamatan darurat via drone. Yunani berhasil masuk ke babak semifinal melalui wakilnya, OsteoMentor. Aplikasi mereka diharapkan mampu membantu para penderita osteoporosis dengan pemanfaatan teknologi. GroupCram menjadi wakil dari Selandia Baru dengan aplikasi berbasis situs yang akan membantu pelajar mempersiapkan diri menghadapi ujian.

Rusia punya perwakilan Evermind, dengan aplikasi yang bisa membatasi orang mabuk saat ini berkendara. Sementara Oculogx dari AS menciptakan aplikasi mixed reality untuk optimalisasi penempatan barang di gudang. Ceko punya hardware dan software ciptaan tim X.GLU, yang bisa membantu para penderita diabetes.

Dengan demikian, Indonesia yang diwakili tim CIMOL, dipastikan tidak lolos ke babak semifinal Imagine Cup 2017. Perjuangan tim asal Institut Teknologi Bandung yang terdiri dari Tifani Warnita, Adinda Budi Kusuma Putra, dan Feryandi Nurdiantoro, ini tetap patut mendapat apresiasi, setelah sebelumnya menjadi juara tingkat nasional dan Asia Tenggara. 

"CIMOL merasa bangga bisa mewakili Indonesia di lomba internasional seperti Imagine Cup. Di sini, kami mendapat banyak pengalaman berharga seperti mendengar ide-ide dari negara-negara lain di dunia," kata tim CIMOL kepada Metrotvnews.com.

"Mohon maaf CIMOL belum mampu membawa Indonesia untuk juara. Ini masih menjadi awal perjalanan dari kami. Kami belajar banyak dari lomba ini bahwa kami harus terus mengembangkan ide kami agar mampu menyelesaikan permasalahan hoax di Indonesia, bahkan dunia."


(MMI)

Video /