Quipper Pertemukan Guru dan Siswa di Kelas Digital

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 27 Sep 2017 13:55 WIB
teknologi
Quipper Pertemukan Guru dan Siswa di Kelas Digital
Ilustrasi. (Quipper)

Metrotvnews.com, Jakarta: Didirikan pada 2010, Quipper mulai masuk ke Indonesia pada 2015. Quipper adalah platform yang mempertemukan guru dan siswa untuk memudahkan proses belajar. 

Ketika mengunjungi kantor Media Group, pihak Quipper Indonesia menjelaskan bahwa Quipper telah beroperasi di 6 negara. Selain Indonesia, Quipper juga beroperasi di Inggris, Filipina, Meksiko, Jepang, dan Vietnam. 

Salah satu fitur yang disediakan oleh Quipper adalah Quipper School. Di sini, guru dapat menciptakan kelas virtual untuk memberikan pelajaran pada siswa-siswanya. Melalui Quipper School, guru bisa memberikan tugas secara digital. Mereka juga bisa memantau berapa banyak murid yang telah mengumpulkan tugas atau nilai yang didapat oleh para siswa.

Pihak Quipper Indonesia menyebutkan, mereka berusaha untuk menyesuaikan fitur yang mereka tawarkan dengan masyarakat negara tempatnya beroperasi. Salah satunya terkait kurikulum. Mereka mengaku, salah satu tantangan terbesar yang mereka hadapi di Indonesia adalah menyesuaikan bahan pelajaran dengan kurikulum yang berlaku. Ketika kurikulum berubah, maka pihak Quipper harus menyesuaikan materi yang mereka miliki. 

Selain Quipper School, Quipper juga menyediakan fitur Quipper Video, yang ditujukan untuk murid yang ingin belajar secara mandiri. Berbeda dengan fitur Quipper School yang tersedia secara gratis, Quipper Video merupakan fitur premium berbayar. Pengguna bisa berlangganan Quipper Video dengan membayar Rp890 ribu per tahun. 



Seperti namanya, di Quipper Video, siswa bisa menonton video yang membahas tentang berbagai materi pembelajaran dari berbagai bidang. Setelah itu, murid juga akan bisa mengunduh materi dan mengerjakan soal yang disediakan. Pipit Indrawati, Content Manager of Quipper Edukasi Indonesia menjelaskan, fitur Video ditujukan untuk anak-anak yang ingin belajar lebih cepat atau memerlukan pengayaan materi ekstra. 

"Dari segi konten materi, kita selalu memperbarui sesuai dengan kurikulum," ujar Pipit. Video yang disediakan dalam Quipper Video dibuat oleh guru Quipper. "Mereka sudah mengajar setidaknya 5 tahun, baik mengajar di sekolah atau bimbingan belajar. Mereka sudah ahli di bidangnya," katanya. Lebih lanjut dia menjelaskan, guru juga terkadang menggunakan alat bantu untuk menjelaskan materi pembelajaran. "Misalnya untuk biologi, guru bisa menggunakan kerangka manusia," kata Pipit.

Takuya Homma, Founding Member & Country Manager Quipper Edukasi Indonesia mengatakan, saat ini, pendapatan Quipper berasal dari biaya langganan Quipper Video. "Sekarang, secara global, telah ada 500 ribu pelanggan berbayar Quipper Video," katanya. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /