Hacker Bisa Bobol Sistim Kasir dan Ubah Harga Barang di Toko

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 30 Aug 2017 08:38 WIB
cyber security
Hacker Bisa Bobol Sistim Kasir dan Ubah Harga Barang di Toko
Ilustrasi.

Metrotvnews.com: Para peneliti keamanan siber telah menemukan cara untuk meretas sistem point-of-sale (PoS) sehingga mereka bisa membuat toko menawarkan diskon besar-besaran atau bahkan mencuri produk. 

Para peneliti di perusahaan keamanan ERPScan menemukan bahwa sistem POS milik SAP tidak melakukan autentikasi atau memeriksa perintah internal yang muncul. Dengan begitu, siapapun yang bisa mendapatkan akses ke jaringan toko akan bisa mengakses sistim kasir.

Mendapatkan akses ke jaringan mudah dilakukan jika semua barang di toko terhubung melalui ethernet. Menurut laporan ZDNet, satu-satunya hal yang harus dilakukan oleh sang hacker adalah mengunggah file konfigurasi baru ke server SAP Xpress -- yang bertanggung jawab atas mesin kasir -- untuk mendapatkan akses administrator. 

Akses tersebut memungkinkan hacker untuk mengubah harga barang, memberikan diskon atau melakukan kegiatan jahat lain pada sistim, termasuk mematikan mesin kasir dan mengambil informasi kartu kredit pembeli. 

"Mencuri nomor kartu kredit, menyesuaikan harga dan memberikan diskon khusus, memulai dan mematikan terminal POS dari jauh -- semua ini adalah pilihan yang bisa hacker lakukan," ujar Chief Technology Officer, ERPScan, Alexander Polyakov. 

Para peneliti ini melakukan demonstrasi dengan membuat MacBook dihargai USD1 (Rp13 ribu). Mereka mengaku, skenario tersebut memang didramatisasi, tapi, ada kemungkinan kasir tidak menyadari akan diskon palsu yang dibuat oleh hacker

Menurut Dmitry Chastuhin, salah satu peneliti yang menemukan kelemahan ini, kelemahan yang mereka temukan ini mungkin terdapat di semua sistem POS mengingat semua sistem tersebut menggunakan infrastruktur yang mirip. 

"Begitu seorang penyerang masuk ke jaringan, dia akan mendapatkan kendali penuh atas sistem, termasuk harga dan informasi kartu kredit," ujar Chastuhin. 


(MMI)

Video /