IFA 2017

LG V30 Muncul di IFA 2017

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 31 Aug 2017 18:13 WIB
lgifa 2017
LG V30 Muncul di IFA 2017
LG V30. (CNET / Sarah Tew)

Metrotvnews.com: LG mengumumkan smartphone premium terbarunya, V30 pada IFA 2017. Dengan V30, LG memperbaiki fitur-fitur terbaik dari lini V dan menghilangkan fitur yang dianggap tidak perlu. LG V20 yang diluncurkan tahun lalu memiliki layar kedua. Pada V30, layar ekstra itu dihilangkan, digantikan oleh tab pada layar yang bisa digerakkan. Tab ini berisi shortcut yang bisa Anda temukan pada V10 dan V20. 

Tidak hanya itu, LG juga melengkapi V30 dengan fitur anti-air dan pengisian baterai tanpa kabel, membuatnya selevel dengan Samsung Galaxy S8 dan Note 8. Namun, seperti yang disebutkan oleh CNET, ada beberapa fitur khas lini V yang justru LG tingkatkan pada V30.

Smartphone tersebut kini dilengkapi dengan berbagai tool untuk gambar dan video. Kini, Anda bisa mengambil gambar dan merekam video jika Anda ingin menjadi selebritas internet berikutnya, seperti kemampuan untuk mengambil video dengan resolusi 4K. 

LG V30 memiliki desain yang mirip dengan G6. Mengingat ia memiliki layar lebih besar, maka ia juga terlihat sedikit lebih tinggi dan lebih lebar, tapi menariknya, lebih tipis. Bagian pinggirnya agak melengkunga. Lapisan Gorilla Glass 5 pada bagian depan dan belakang ponsel membuatnya terlihat ramping dan mengkilap, sayangnya, ini berarti smartphone terasa agak licin. 

V30 merupakan smartphone pertama LG yang menggunakan layar OLED dan bukannya LCD. Ponsel Samsung sendiri telah menggunakan layar OLED sejak lama. Salah satu keunggulan layar OLED adalah ia lebih hemat daya dari layar LCD. Meskipun begitu, mengingat layar LCD masih digunakan oleh Apple dan HTC, mungkin konsumsi daya yang dihemat tidak akan terlalu signifikan. 

Sama seperti ponsel premium LG lain, GV30 memiliki kamera standar dan kamera wide-angle. Kamera 16MP memiliki sudut sebesar 71 derajat sementara kamera 13MP dapat menangkap gambar dengan sudut 120 derajat. Kedua kamera itu dilindungi oleh lensa kaca, yang membuat gambar menjadi lebih jelas dengan warna yang lebih akurat daripada pelindung plastik.

Kamera V30 dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization) dan aperture f/1.6, lebih besar dari Google Pixel (f/2.0), yang dikenal dapat mengambil gambar di tempat gelap dengan baik.

Kunci layar V30 dapat dibuka dengan wajah atau suara Anda. Sebagai perbandingan, Galaxy S8 sudah dilengkapi dengan pemindai iris mata sementara iPhone 8 dikabarkan akan dilengkapi dengan pengenalan wajah, walau teknologi itu diperkirakan akan menimbulkan masalah besar terkait privasi pengguna.

Terkait spesifikasi, LG menggunakan Qualcomm Snapdragon 835 yang dipadankan dengan RAM 4GB. Soal memori, LG menawarkan 64GB dan 128GB, tergantung pada kawasan ponsel dirilis. LG V30 memiliki baterai 3.300 mAh dan sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP68, yang berarti ia bisa dimasukkan ke dalam air hingga 1,5 meter selama maksimal 30 menit. 

LG pertama kali meluncurkan V30 untuk Korea Selatan, yaitu pada 21 September. Smartphone ini akan tersedia di Asia, Amerika Utara, Eropa, Afrika dan Timur Tengah setelah itu. Terkait harga, LG belum menyebutkan harga dari V30. Lini V dikenal sebagai smartphone paling mahal LG. LG tidak perlu khawatir, mengingat Galaxy Note 8 dan iPhone 8 juga memiliki harga yang sangat mahal.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.