YouTube Tambahkan Fitur Pratinjau Thumbnail untuk Video

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 16 Jul 2017 11:11 WIB
youtubegoogle
YouTube Tambahkan Fitur Pratinjau Thumbnail untuk Video
YouTube merilis fungsi preview pada thumbnail konten, menampilkan isi video pada durasi yang dipilih secara acak.

Metrotvnews.com: YouTube menambahkan fitur preview thumbnail video pada jejaring sosial versi situs. Pengguna kini dapat menggeser mouse ke thumbnail video pada situs dan akan disuguhkan preview konten  berdurasi tiga detik.

Menurut GSM Arena, saat ini fungsi preview tersebut baru dapat dinikmati oleh pengguna peramban tertentu, seperti Opera dan Chrome. Dan saat ini, fungsi tersebut belum tersedia untuk aplikasi versi mobile.

Kehadiran fungsi ini mempermudah pengguna untuk melihat konten tanpa mengklik video, meski teknologi ini telah tersedia pada sejumlah situs video selama beberapa tahun terakhir.

Absennya fungsi ini dinilai menjadi pendorong kreator konten untuk memanfaatkan gambar thumbnail yang berlebihan atau bahkan tidak terkait dengan terkait dengan konten sebagai umpan klik, demi memikat penonton mengklik dan mengakses video karya mereka.

Kreator konten tidak lagi dapat menggunakan cara tersebut, sebab fungsi ini akan menampilkan konten pada video dengan durasi yang ditentukan secara acak. Sehingga pengguna dapat mengetahui isi konten sebelum mengklik video tersebut.

Namun, YouTube mengungkapkan bahwa saat ini kreator konten tidak dapat memilih durasi yang ditampilkan dalam preview tersebut. Pernyataan YouTube ini mengindikasikan bahwa ketentuan tersebut hanya bersifat temporer.

Pernyataan yang diungkapkan YouTube tersebut juga dinilai mengindikasikan bahwa di masa mendatang, jejaring sosial berbasis video tersebut mungkin akan memungkinkan kreator memilih durasi pada fungsi preview.


(MMI)