Garap Jaringan 450Mhz, Sampoerna Gandeng INTI

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 11 Aug 2017 11:35 WIB
telekomunikasi
Garap Jaringan 450Mhz, Sampoerna Gandeng INTI
Darman bersama Larry di kantor STI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) mengumumkan kerja sama dengan Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) untuk memproduksi perangkat telekomunikasi yang kompatibel dengan frekuensi 450 MHz yang STI gunakan dalam merek dagang mereka, Net1 Indonesia. 

Menurut STI, frekuensi 450Mhz cocok untuk digunakan di Indonesia karena ia bisa menjangkau kawasan yang lebih luas jika dibandingkan dengan frekuensi yang lebih tinggi yang biasa digunakan oleh operator telekomunikasi lain.

“Kerja sama ini menunjukkan komitmen bersama dari dua perusahaan teknologi telekomunikasi Indonesia untuk tumbuh bersama dalam memajukan memberikan akses internet yang luas, mudah, dan terjangkau bagi masyarakat,” kata CEO STI Larry Ridwan. 



Dalam keterangan resminya, salah satu alasan STI bekerja sama dengan PT INTI adalah karena perusahaan tersebut dirasa mampu mengembangkan perangkat telekomunikasi yang dibutuhkan oleh STI. Melalui kerja sama ini, PT INTI akan menjual perangkat yang mendukung frekuensi 450Mhz yang telah diintegrasikan dengan layanan Net1, baik perangkat yang telah dipasarkan maupun yang akan datang.

Alasan lainnya STI bekerja sama dengan PT INTI adalah untuk memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan oleh pemerintah. Menurut peraturan dari Menteri Komunikasi dan Informatika, per Januari 2017, Vendor Pembuat dan Alat Perangkat Telekomunikasi harus memenuhi 20 persen TKDN untuk Subscriber Station dan 30 persen untuk Base Station. 

Nota kesepahaman atau MoU atas kerja sama ini ditandatangani oleh Larry dan CEO PT INTI, Darman Mappangara di kantor pusat STI. 

Menurut Larry, konektivitas internet memegang peran penting dalam perkembangan era Internet of Things (IoT). Dengan kerja sama ini, diharapkan bisnis berbasis IoT akan bisa menjadi semakin berkembang. STI menganggap, kolaborasi dengan PT INTI akan membantu mereka melancarkan distribusi Net1, terutama terkait penyediaan perangkat 4G LTE untuk pelanggan STI, khususnya pelanggan B2B (Business-to-Business). 

"Kerja sama ini merupakan sebuah langkah besar untuk mendorong perkembangan ekosistem IoT di Indonesia sehingga bisa memajukan industri dalam negeri secara  keseluruhan," kata Darman dalam keterangan yang diterima Metrotvnews.com.

Dia berharap, ke depan STI akan melakukan kerja sama lain dengan PT INTI, seperti membangun roadmap business model, mengembangkan inovasi dan berkolaborasi untuk kerja sama strategis lainnya. 


(MMI)

Video /