Facebook Hapus Ratusan Akun yang Sebar Hoaks Politik

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 12 Oct 2018 17:16 WIB
media sosialfacebookhoax
Facebook Hapus Ratusan Akun yang Sebar Hoaks Politik
Facebook hapus penyebar hoaks politik di AS. (Photo by JOEL SAGET / AFP)

Jakarta: Facebook menghapus ratusan akun dan halaman di Amerika Serikat karena menyebarkan informasi salah terkait politik. Ini melanggar peraturan Facebook tentang konten "tidak asli" dan spam. 

Facebook mengatakan, sebanyak 559 halaman dan 251 akun telah dihapus. Sementara akun-akun itu memang mengunggah "konten politik sensasional", Facebook tidak menyebutkan bahwa itu adalah alasan mereka menghapus konten tersebut.

Mereka mengatakan, akun dan halaman di Facebook dihapus karena mereka terus menerus melanggar peraturan perusahaan. Facebook menyebutkan, untuk mendongkrak kepopuleran, banyak akun yang menggunakan akun palsu atau beberapa akun sekaligus. 

Facebook juga mengaku bahwa pemilu paruh waktu di Amerika Serikat merupakan salah satu alasan mereka melakukan penghapusan akun-akun ini.

Mereka menyebutkan, akun dan halaman yang mereka hapus membuat konten politik yang sulit untuk dibedakan dari konten debat politik yang sebenarnya, lapor The Verge

Salah satu akun yang dihapus adalah Right Wing News, yang menurut New York Times melaporkan berita salah tentang Christine Blasey Ford setelah pengakuannya di pengadilan terkait Kavanaugh. 

"Dengan semakin baiknya kami mengenali penyalahgunaan teknologi seperrti ini, para dalang di baliknya -- baik atas motivasi politik atau ekonomi -- akan mengubah taktik mereka untuk menghindar agar mereka tidak tertangkap," kata Facebook.

"Karena itulah, kami terus mengembangkan metode pencegahan, termasuk dalam hal teknologi, untuk mencegah hal ini. Karena orang-orang hanya akan saling berbagi di Facebook jika mereka merasa aman dan bisa memercayai orang-orang yang mereka temui di sini."


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

21 hours Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.