XL Sediakan Aplikasi Digital Bantu Peternak Sapi Situbondo

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 20 Dec 2018 07:44 WIB
XL Sediakan Aplikasi Digital Bantu Peternak Sapi Situbondo
Demonstrasi aplikasi

Jakarta: XL Axiata merilis solusi digital yang ditujukan khusus beragam kebutuhan masyarakat sebuah desa. Kali ini solusi digital yang dicipatakan berupa aplikasi untuk peternak sapi di Desa Desa Karang Tekok, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Aplikasi digital yang berbasis Farm Chain management System (FCMS) ini diberi nama "Satwa Nusantara". Aplikasi ini diciptakan XL untuk membantu para petani pemilik ternak di desa tersebut dalam menyediakan informasi lengkap mengenai kebutuhan pakan dan kesehatan sapi, sehingga sapi dapat tumbuh sehat dan memiliki nilai ekonomi besar saat nanti dijual.

Menurut laporan XL, ternak sapi menjadi salah satu komoditi di desa ini. Namun, masyarakat atau peternaknya masih mengalami kendala kurangnya informasi kondisi sapi yang lengkap, sehingga hewan ternaknya kerap kelaparan dan bobotnya menyusut.

Ketimbang hewan ternaknya mati, akhirnya sebagian peternak memilih menjualnya dengan harga yang sangat rendah. Padahal, jenis sapi yang ada di desa Karang Tekok termasuk jenis sapi unggul dan berpotensi besar secara ekonomi untuk dikembangkan.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, menjelaskan bahwa konsep FCMS ini ditujukan untuk memaksimalkan produktivitas pertanian dengan cara menata, memantau dan merencanakan rantai pengelolaan dari hulu ke hilir dari mulai pemeliharaan, panen, pemasaran hingga pengembangan produk dari ternak.



Sementara untuk kasus di desa Karang Tekok ini, solusi FCMS difokuskan mengatasi masalah pakan dan kesehatan ternak. Bekerja sama dengan Fakultas Peternakan Universitas Jember dan Balai besar Inseminasi Buatan Singosari, Desa Toyomarto, Singosari Malang, Jawa Timur, setiap data yang dikumpulkan akan diolah bersama dan dipaparkan kembali kepada pemilik ternak.

Setiap pemilik ternak akan memberikan data masing-masing ternaknya yang meliputi umur, jenis kelamin, bobot, jenis sapi, bahan baku pakan dan stok pakan jadi. Data-data tersebut kemudian akan disimpan di bank data yang dikelola oleh admin yang dijalankan oleh tim.

Secara berkala, sesuai dengan perkembangan kondisi ternak, para pemilik sapi akan memperbarui data-data tersebut. Dengan demikian validitas data akan selalu terjaga, sehingga analisa yang dihasilkan juga berkualitas.

Bagi pemilik ternak pemantauan dan pembaruan data terkait kondisi sapi dan pakannya bisa dilakukan juga secara digital. Untuk itu, disediakan aplikasi sederhana yang mudah mereka dioperasikan.

Benefit dari solusi ini pengelolaan data-data ternak ini akan menghasilkan data riil dan analisa mengenai populasi sapi, jumlah pakan yang dibutuhkan, baik pakan organik maupun pakan tambahan, potensi pertambahan ternak hingga beberapa tahun ke depan, hingga potensi stok daging yang tersedia, dan tentunya nilai ekonomi yang dimiliki desa dari ternak.

"Solusi "Satwa Nusantara" ini akan membantu para petani pemilik ternak di sini untuk memastikan ternak-ternak mereka, terutama sapi, bisa tercukupi pakan dan kondisi kesehatannya sepanjang tahun, termasuk di musim kemarau," tutur Yessie.
(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.