Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Pasang Bandwidth 4,2Tbps

Mohammad Mamduh    •    Senin, 17 Dec 2018 15:11 WIB
telkomseltelekomunikasi
Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Pasang Bandwidth 4,2Tbps
Ilustrasi: Telkomsel

Jakarta: Menjelang akhir tahun, Telkomsel mengumumkan beberapa langkah untuk mengantisipasi melonjaknya konsumsi data yang umumnya terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru.

Telkomsel menyebut bakal memasang 88 BTS bergerak di titik-titik dengan jalur komunikasi terpadat. Mereka mengatakan membangun 776 BTS 4G baru dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2Tbps.
 
Optimalisasi jaringan juga diklaim bakal dilakukan di 628 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru. Lokasi ini adalah alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan.

“Momen Natal dan Tahun Baru selalu dibarengi dengan masa liburan. Ini merupakaan momen masyarakat Indonesia menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabatnya,” kata Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan.

Ada 13 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan: Lapangan Merdeka (Medan), Engku Putri (Batam), Benteng Kuto Besak (Palembang), Ancol (Jakarta), Summarecon Mall (Serpong), Kebun Raya Bogor, Pangandaran (Ciamis), Malioboro (Yogyakarta), Wisata Pemandian Gumul (Kediri), Pantai Kuta Bali, Lapangan Merdeka (Balikpapan), Megamas Mall (Manado), Lapangan Merdeka (Ambon).
 
“Khusus untuk wilayah yang diprediksi menjadi pusat keramaian, kami juga telah melakukan optimalisasi jaringan,” lanjut Bob.
 
Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload diprediksi meningkat 20 persen dibandingkan hari biasa.

Kenaikan trafik layanan data ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31 persen. Kebanyakan pelanggan disebut memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, dan bermain game.

Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 0,5 persen pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 1,4 persen dibandingkan hari biasa.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.