Para Pengiklan YouTube Tarik Kembali Iklannya, Ada Apa?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 27 Nov 2017 11:37 WIB
youtube
Para Pengiklan YouTube Tarik Kembali Iklannya, Ada Apa?
Beberapa perusahaan memutuskan untuk berhenti beriklan di YouTube. (Jaap Arriens/NurPhoto via Getty Images)

Jakarta: YouTube kembali menghadapi masalah dengan para pengiklan.

HP, perusahaan permen raksasa Mars dan beberapa merek ternama lainnya memutuskan untuk berhenti memasang iklan di situs streaming video tersebut setelah BuzzFeed dan Times melaporkan iklan-iklan mereka tampil di video eksploitasi anak atau video yang penuh dengan komentar pedofil. 

Dalam beberapa kasus, seperti Mars, perusahaan mengklaim bahwa mereka tidak akan kembali beriklan di YouTube sampai mereka menyediakan "sistem pengamanan yang pantas".

YouTube telah menghapus video-video eksploitasi anak dan menghilangkan iklan dari beberapa video lainnya. Kepada Reuters, juru bicara YouTube berkata bahwa mereka sedang "bekerja keras untuk menyelesaikan masalah ini".

YouTube juga menekankan bahwa mereka juga telah menghapus video-video yang mungkin "menimbulkan kekhawatiran" meski konten mereka tidak ilegal. Namun, YouTube tampaknya terlalu lambat dalam mengambil keputusan, membuat para pengiklan tidak tenang.

Para pengiklan ini akhirnya memutuskan untuk menarik kembali iklannya karena tidak ingin iklannya tampil di sebelah video atau komentar yang tidak pantas. 

Sama seperti masalah terkait video ekstremisme dan ujaran kebencian, para pengiklan memutuskan berhenti memasang iklan di YouTube karena YouTube memakan waktu terlalu lama dalam merespons masalah yang ada.

Masalah ini juga membuktikan bahwa sistem penyaringan berbasis algoritma, laporan pengguna dan laporan pihak berwajib yang YouTube gunakan masih tidak cukup untuk memastikan tidak ada konten ilegal yang muncul di platform video tersebut. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /