Jurnal Pay, Solusi Jurnal.id untuk UKM

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 08 Nov 2017 16:48 WIB
teknologi
Jurnal Pay, Solusi Jurnal.id untuk UKM
Jurnal.id mengumumkan fitur baru hasil kerja samanya dengan Xendit untuk mempermudah proses administrasi pembayaran pelaku ukm online, Jurnal Pay.

Metrotvnews.com, Jakarta: Jurnal.id memperkenalkan fitur terbaru yang disuguhkan untuk pengguna software akunting karyanya, Jurnal Pay.

Fitur ini menawarkan bantuan kepada pengguna untuk mempermudah pengusaha dalam menerima pembayaran dan menyesuaikan pembukuan yang didukung oleh software Jurnal.id secara otomatis.

"Jurnal Pay, pake nama Pay seperti layanan perusahaan lain bukan berarti sama. Ini bukan wallet. Jurnal Pay ini kami tujukan untuk membantu pengusaha dalam menerima pembayaran secara online. Ini selaras dengan software yang kami tawarkan," ujar CEO Jurnal.id, Daniel Witono.

Jurnal Pay memungkinkan pelanggan pengguna untuk melakukan pembayaran secara online dari setiap invoice yang dikirimkan secara cepat dan mudah. Kehadiran fitur ini juga diklaim menawarkan kesederhanaan proses administrasi dan operasional pelaku usaha kecil menengah, yang menjadi target pengguna Jurnal.

Fitur Jurnal Pay diintegrasikan oleh portal pembayaran, Xendit, membantu pelaku usaha kecil menengah dalam menerima pembayaran melalui Virtual Account atau kartu kredit, dengan biaya minimal.

Pengguna Jurnal Pay akan dibebankan biaya sebesar Rp4.900 per transaksi yang berhasil via transfer bank, sedangkan transaksi via kartu kredit dikenakan biaya 3 persen dari total pembayaran ditambah Rp2.200 per transaksi yang berhasil.

Biaya yang dibebankan kepada pengguna Jurnal Pay tersebut dijelaskan Daniel akan menjadi pemasukan bagi Xendit. Sementara itu, Jurnal.id masih mengandalkan metode berlangganan untuk pengguna software akunting karyanya sebagai saluran monetisasi perusahaannya saat ini.

Selain itu melalui fitur ini, pengguna tidak perlu repot dalam mendaftarkan akun mereka, dan hanya perlu memasukan sejumlah informasi. Informasi tersebut seperti nama perusahaan, email, nama bank, nama akun, rekening Jurnal, serta biaya pada Jurnal Pay.

Saat ini, Jurnal Pay telah terintegrasi sejumlah bank besar di Indonesia, termasuk Mandiri, BRI dan BNI. Jurnal Pay juga diharapkan dapat membantu pelaku UKM untuk mengelola dan merangkai rencana keuangan dengan memberikan pilihan dalam proses pembayaran, serta menerima pembayaran dengan cepat.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.