Toshiba Punya M.2 SSD Kapasitas 2TB

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 02 Dec 2017 08:21 WIB
hardware
Toshiba Punya M.2 SSD Kapasitas 2TB
Toshiba XG5-P (foto: istimewa)

Jakarta: Toshiba baru saja mengumumkan NVMe SSD baru yaitu XG5-P. SSD ini bukan sembarang media penyimpanan karena ditujukan untuk pengguna kelas premium.

Itu sebabnya ada tambahan penamaan huruf "P" di belakang nama SSD ini. Tidak tanggung-tanggung, SSD ini diklaim memilii kapasitas penyimpanan yang sangat besar yaitu hingga 2TB.

Toshiba XG5-P hadir dengan teknologi memori TLC dengan 64 layer 3D BiCS Flash Memory sama seperti saudaranya yaitu SSD XG5.

Menurut PC GAMER, XG5-P memiliki performa yang lebih baik yaitu kecepatan baca sequential hingga 3.000MBps dan kecepatan tulis sequential hingga 2.200MBps. Sementara kecepatan baca dan tulis random bisa mencapai 320.000 IOPs dan 256.000 IOPs.

Performa tersebut bisa dicapai karena SSD ini menggunakan PCIe sebagai sarana transfer datanya. PCIe sendiri memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat ketimbang SATA. Dengan demikian, SSD ini sangat cocok jika Anda sering melakukan transfer atau manipulasi data dalam jumlah besar.

Karena menggunakan interface M.2, XG5-P memiliki bentuk yang sangat mungil dan tidak memakan ruang di dalam casing PC.

Toshiba juga mengatakan akan segera menghadirkan versi lain dengan kapasitas 1TB. Sayangnya, untuk saat ini XG5-P hanya tersedia bagi PC OEM tertentu.

Toshiba juga tidak menyebutkan berapa harganya, namun kemungkinan besar SSD ini bakal bisa dibeli secara terpisah mulai tahun depan.


(MMI)