NASA Punya Robot untuk Teliti Kehidupan Alien di Bulan Saturnus

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 01 Dec 2017 19:25 WIB
antariksanasa
NASA Punya Robot untuk Teliti Kehidupan Alien di Bulan Saturnus
Enceladus, salah satu bulan milik planet Saturnus (NASA)

Jakarta: NASA dilaporkan segera mengirimkan robot ke salah satu bulan Saturnus yaitu Enceladus.

Istimewanya, robot tersebut bakal memiliki fungsi yang sangat spesifik yaitu mencari kehidupan alien di bulan dengan lapisan es tersebut. Menurut Futurism, NASA sudah punya izin mencari tanda-tanda kehidupan di Enceladus, dan mereka sedang menyiapkan instrumen khusus untuk misi tersebut.

Instrumen yang dimaksud adalah SELFI atau Submillimeter Enceladus Life Fundamentals Instrument. Alat tersebut bisa memancarkan gelombang submilimeter yang merupakan gelombang radio dengan frekuensi yang sangat tinggi.

Melalui gelombang ini, SELFI bisa mendeteksi objek hingga ukuran molekul. Hal tersebut memungkinkan ilmuwan NASA mencari jejak kehidupan di Enceladus.

Lokasi yang dibidik oelh ilmuwan adalah berbagai lokasi geyser yang ada di permukaan Enceladus. Dari sana ilmuwan bisa mempelajari struktur Enceladus yang diperkirakan memiliki laut yang sangat luas di bawah permukaan es.

Laut tersebut diprediksi merupakan tempat yang sangat tepat untuk kehidupan bisa tumbuh dan berkembang.

Sebelumnya, NASA menemukan tanda-tanda adanya kehidupan di Enceladus melalui pengamatan wahana antariksa Cassini. NASA menemukan adanya geyser di permukaan planet tersebut yang mengandung molekul karbon dioksida dan hidrogen. Keduanya merupakan bahan utama dalam sebuah proses biologis bernama methanogenesis.

Proses methanogenesis sendiri ditemukan pada berbagai jenis kehidupan molekular di Bumi, tepatnya pada berbagai spesies plankton yang berada di laut dalam.

Peneliti NASA sendiri sebenarnya telah cukup lama memperkirakan Enceladus sebagai salah satu tempat dimana kehidupan alien berada. Bulan Saturnus tersebut memiliki tiga komponen utama dalam menyokong kehidupan, yaitu air, molekul organik, dan sumber energi.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.