XL Terus Garap 4G di Pelosok Sumatera dan Sulawesi

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 22 Feb 2018 14:58 WIB
XL Terus Garap 4G di Pelosok Sumatera dan Sulawesi
Infrastruktur BTS XL Axiata.

Jakarta: Menargetkan 4G bisa dinikmati oleh serluruh kawasan Indonesia, XL terus menggarap memerataan koneksi jaringan 4G hingga ke daerah pelosok. Operator berwarna biru tersebut mengklaim terus memperluas jaringannya.

XL menyebutkan mereka tengah memperluas jaringan 4G di Pulau Sumatera dan Sulawesi. Terhitung sejak Januari 2018 XL menyebutkan kawasan Kabupaten Aceh Singkil dan Kabupaten Nagan Raya di Provinsi Aceh, serta Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Gorontalo Utara sudah terkoneksi dengan jaringan 4G LTE.

Tidak kurang ada 138 kota/kabupaten di Sumatera dan 50 kota/kabupaten di Sulawei yang telah terjangkau layanan ini. Seluruh cakupan tersebut didukung dengan infrastruktur yang mencapai 3.900 BTS di Sumatera dan Sulawesi.

"Tahun ini, kami kembali akan secara massif membangun infrastruktur data, termasuk di luar Jawa," tutur Direktur Teknologu XL AXiata Yessie D. Yosetya.

Menurut perempuan yang disapa Yessie ini, keempat daerah tersebut tergolong daerah pelosok,  namun memiliki potensi peningkatan ekonomi yang tinggi dengan memanfaatkan layanan data.

Untuk jumlah pelanggan, pihak XL mengklaim layanannya telah menjangkau 9 juta pelanggan di 138 kota/kabupaten sedangkan di Sulawei XL telah menjangkau sekitar 6 juta pelanggan di 50 kota/kabupaten.

Terhitung hingga saat ini jangkauan layanan XL telah melingkupi 364 kota/kabupaten di Indonesia dengan koneksi jaringan 4G yang tediri dari wilayah Jawa, Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi yang total pelanggan di jaringan 4G mencapai lebih dari 25 juta.

Dari sisi infrastruktur  XL Axiata sudah memiliki 18.000 BTS 4G dari total 101 ribu BTS yang dimiliki. XL mencatat 72 persen atau 38,3 juta dari total pelanggannya telah menggunakan smartphone. Angka ini meningkat 32 persen dari tahun lalu.

Oleh sebab itu, Yessie menuturkan saat ini adalah momentum bagi XL untuk lebih agresif lagi menggarap layanan jaringan 4G XL di daerah pelosok yang jauh dari kota-kota besar.
(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.