Lagi-Lagi Selfie, Apa Bagusnya Oppo F5?

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 13 Nov 2017 23:13 WIB
oppo
Lagi-Lagi Selfie, Apa Bagusnya Oppo F5?
Salah satu brand ambassador Oppo, Chelsea Islan, saat peluncuran Oppo F5 hari ini di Jakarta (13/11/2017).

Metroptvnews.com, Jakarta: Oppo Indonesia hari ini resmi merilis smartphone andalan barunya. Oppo F5 di Indonesia.

Seperti seri sebelumnya, Oppo F5 kembali mengandalkan fitur kamera selfie. Andalannya kali ini ada di fitur beautification yang diklaim bisa menghasilkan foto selfie lebih baik.


Selfie Selfie Selfie

Sejak pertama kali hadir di Indonesia, Oppo memang gencar melakukan promosi produk menggunakan fitur selfie. Berbagai fitur selfie pun dihadirkan, mulai dari beautification yang menjanjikan tampilan wajah lebih baik, hingga resolusi kamera yang semakin tinggi.

Beautification sendiri sepertinya merupakan fitur andalan Oppo di berbagai lini smartphone. Kali ini Oppo menghadirkan fitur beutification yang digabung dengan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Teknologi bernama Personalized AI Beautification Effect tersebut menjanjikan hasil foto yang lebih baik. Oppo bahkan mengklaim teknologi barunya ini merupakan solusi dari permasalahan yang ada di fitur beautification smartphone lain.

Pihak Oppo mengatakan fitur beautification standar hanya menghadirkan satu pengaturan khusus yang membuat wajah semakin bagus, namun sebenarnya tidak bisa diterapkan di segala kondisi.

Beberapa kondisi yang tidak memungkinkan adalah ketika fitur ini digunakan di wajah pria sehingga terlihat lebih feminis. Dengan AI, Oppo mengklaim bisa menghadirkan efek beautification sesuai dengan kondisi yang diperlukan.

Efek beautification menggunakan AI sebenarnya tidak hanya hadir di Oppo F5. Sebelumnya, Xiaomi sudah memperkenalkan fitur yang serupa di smartphone Mi Note 3. Sayangnya, smartphone tersebut tidak dirilis secara resmi untuk wilayah Indonesia.



Untuk sensornya, Oppo F5 menggunakan kamera depan dengan resolusi 20MP dan bukaan lensa F2.0. Oppo juga termasuk berani karena tidak menggunakan teknologi kamera ganda, baik untuk kamera depan maupun belakangnya.

"Kami ingin membuktikan menggunakan satu kamera saja hasilnya akan lebih bagus dari yang menggunakan dua kamera," ujar Aryo Medianto, PR Manager Oppo Indonesia.

Selain itu, Oppo tampaknya memang masih bermain dengan mengunggulkan resolusi sensor kamera di smartphone barunya ini dengan penggunaan resolusi 20MP dengan bukaan F2.0 untuk kamera depan, dan kamera utama 16MP dengan bukaan F1.8. 

Kami pernah merilis artikel mengenai hubungan resolusi kamera smartphone dengan kualitasnya, dan smartphone dengan kamera beresolusi besar lebih mungkin menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih buruk. Itulah mengapa berbagai smartphone kelas atas yang mengandalkan kamera, seperti iPhone X dan Google Pixel 2 yang menempati urutan pertama di DXOMark masih tetap menggunakan kamera di 12MP.


Spesifikasi?

Melirik spesifikasi, Oppo F5 memang sedikit berbeda dengan kebanyakan smartphone yang menjadi pesaingnya. Smartphone ini menggunakan SoC MediaTek Helio P23 dengan CPU octa-core Cortex-A53 @2,5GHz. Ini sangat berbeda dengan produsen ponsel saingannya, yang kebanyakan menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon.

Saat ditanya awak media mengapa menggunakan MediaTek, Aryo mengatakan keputusan tersebut dibuat karena SoC tersebut lebih murah dari Snapdragon. Mungkin Oppo memang ingin smartphone barunya ini bisa bersaing dengan merek lain yang juga mulai gencar masuk ke ranah selfie. Meski demikian, Aryo mengatakan performanya tidak kalah dengan SoC Snapdragon terkini.

"Jangan bandingkan hanya dari nama MediaTek dan Qualcomm. SoC di F5 kali ini merupakan versi baru yang performanya sudah bagus," tegas Aryo.



Untuk kompenen lainnya, Oppo F5 hadir dalam tiga varian dengan konfigurasi RAM dan penyimpanan internal yang berbeda. RAM yang ditawarkan mulai dari 4GB hingga 6GB, sementara penyimpanan internal mulai dari 32GB hingga 64GB.

Menariknya, Oppo juga mengabarkan bakal merilis F5 versi "pemula" dengan nama F5 Youth. Smartphone tersebut bakal menggunakan RAM 3GB, penyimpanan internal 16GB, kamera depan 16MP, dan kamera belakang 13MP.

Namun, smartphone ini baru bakal diumumkan akhir bulan November. Sementara dua smartphone oppo F5 baru akan tersedia mulai hari ini untuk varian RAM 4GB dan penyimpanan 32GB, serta tanggal 2 Desember untuk varian RAM 6GB dan penyimpanan 64GB.


Ikut Tren Layar

Oppo F5 hadir dengan beberapa perubahan pada desain, salah satunya adalah penggunaan layar. Smartphone ini menggunakan layar 6 inci dan ditanamkan ke bodi 5,5 inci. Ini membuat rasio layarnya berubah dari 16:9 ke 18:9.

Dengan demikian, tampilannya kini lebih didominasi oleh layar dan tidak ada tombol sama sekali di bagian bodi depannya.

Desain tersebut menandakan Oppo juga mengikuti tren layar bezel-less yang pertama kali diusung oleh Xiaomi dan Samsung. Tren layar ini memang memiliki keuntungan tersendiri, salah satunya adalah konten yang ditampilkan bakal lebih banyak terlihat karena layarnya lebih lebar.

Tentu saja, lagi-lagi ini merupakan langkah berani dan tidak banyak produsen ponsel menggunakan layar dengan rasio 18:9. Selain itu, Oppo tampaknya juga tidak ingin kalah oleh saudaranya yaitu Vivo yang memiliki smartphone dengan desain layar serupa.


Smartphone untuk Gamer?

Dari rangkaian acara peluncuran Oppo F5 kali ini, ada satu bagian yang membuat kami cukup terkejut. Oppo kali ini bekerjasama dengan Garena Indonesia untuk menghadirkan game Arena of Valor di Oppo F5. Tidak hanya itu, AOV juga mendapat perlakukan khusus di smartphone ini.

Pihak Oppo mengklaim sudah menghadirkan fitur game boost agar bisa berjalan lebih lancar ketika dimainkan di Oppo F5. Sayangnya, fitur tersebut baru bisa berjalan untuk game AoV. Pihak Oppo mengklaim akan ada game lain yang bakal mendapatkan optimalisasi, tetapi belum disebutkan secara pasti judul game dan kapan akan dihadirkannya.



Harga?

Terakhir adalah harga. Oppo memanderol F5 seharga Rp3.999.000 untuk versi RAM 4GB dan penyimpanan 32GB. Sementara untuk varian dengan RAM 6GB dan penyimpanan 64GB dibanderol seharga 5.199.000.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

11 hours Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /