Beredar, Desain Resmi Smartphone Lipat Samsung Galaxy X

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 26 Oct 2017 20:00 WIB
samsung
Beredar, Desain Resmi Smartphone Lipat Samsung Galaxy X
ilustrasi ponsel berlayar lengkung dan bisa dilipat yang akan dibuat Samsung

Metrotvnews.com: Smartphone dengan model layar yang bisa dilipat tengah menjadi tren di beberapa merek. Samsung sendiri telah menyiapkan desain resmi dari smartphone lipat mereka yang rencananya akan dirilis tahun depan.

Dikutip dari Forbes, desain smartphone yang diberi nama Samsung Galaxy X tersebut telah diajukkan ke pihak perlindungan hak cipta dan paten di negara asalnya, Korean Intellectual Property Office. Meskipun desain ini belum tentu menggambarkan desain utuh dari smartphone tersebut, setidaknya ini sudah menjadi data yang valid.

Data ini dibocorkan oleh media asal forum teknologi asal Belanda bernama LetsGoDigital. Dari desain yang digambarkan terlihat bahwa smartphone lipat ini memiliki desain memanjang yang layarnya bisa saling menempel ketika dilipat.



Meskipun desain tersebut menggambarkan bahwa smartphone ini akan dilipat layaknya ponsel lipat atau flip jaman dulu, dari detil bagian desain lainnya terlihat bahwa engsel yang terpasang bisa melengkung, bukan terlipat.

Tujuan Samsung merilis smartphone dengan desain lipat atau foldable tentu saja untuk menghadirkan kembali nostalgia perangkan ponsel lipat atau flip phone, yang pernah dianggap canggih dan mewah sebelum kehadiran smartphone.

Untuk menciptakan layar yang bisa melengkung atau dilipat seharusnya bukan hal sulit bagi Samsung mengingat mereka juga sudah sejak lama melakukan riset untuk membuat layar lengkung dan mengimplementasikannya di beberapa smartphone flagship. LG sendiri sudah juga sudah menggunakannya di LG G Flex.



Permasalahannya harus dilihat ke daya tahan dari layar lengkung tersebut mampu dilipat. Butuh berapa banyak lipatan yang dilakukan hingga layar tersebut rusak atau mempengaruhi kualitas layarnya? Semakin canggih teknologi yang dibuat, maka semakin sulit juga proses pembuatannya. Perusahaan juga harus menghitung apakah profit penjualan perangkat tersebut bisa menutup biaya produksinya.

Samsung Galaxy X sendiri dikabarkan akan diperkenalkan bersamaan dengan Samsung Galaxy S9. Jika rumor tersebut benar, maka perangkat tersebut akan tampil di ajang CES Las Vegas atau MWC di Barcelona tahun depan.


(MMI)

Video /