Dukung Tren Uang Kripto, AMD Tambah Jumlah Produksi VGA

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 02 Feb 2018 16:11 WIB
amdhardwarecryptocurrencyGeger Uang Virtual
Dukung Tren Uang Kripto, AMD Tambah Jumlah Produksi VGA
AMD berencana menambah produksi kartu rafis mereka untuk mengisi kelangkaan kartu grafis akibat tren uang kripto.

Jakarta: Apabila kemarin NVIDIA menganjurkan peritel untuk tidak menjual produk kartu grafis atau GPU hanya kepada pelaku mining uang kripto, justru AMD malah sebaliknya.

Sepeti yang diketahui bahwa GPU menjadi langka di pasar karena pelaku mining uang kripto membeli GPU dalam jumlah banyak. Dikutip dari Polygon, produk baru AMD yang kemarin diluncurkan yaitu RX Vega 46 dan 64 dikabarkan sudah habis di pasar, dan AMD menyatakan segera mengisi pasokannya kembali.

"Tren uang kripto membuat konsumsi terhadap produk GPU sangat tinggi, dan ini adalah hal yang bagus untuk bisnis kami," ungkap CEO & President AMD Lisa Su. Ia berpendapat tren uang kripto menjadi peluang bagi AMD untuk meningkatkan bisnisnya.

Meskipun begitu, bukan perkara mudah bagi AMD untuk meningkatkan ketersediaan produk GPU kembali ke pasar. Ada beberapa komponen yang dibutuhkan oleh GPU juga mengalami kondisi yang sama, yakni ketersediaan produknya sangat minim.

Komponen yang dibutuhkan yakni chip memori. Seperti yang diketahui bahwa GPU AMD RX seri 400 dan 500 serta seri RX Vega membutuhkan komponen memori GDDR5 dan HBM2, disebutkan Polygon bahwa jumlah dua komponen tersebut sangat minim.

Lisa telah menyadari hal itu dan dia berjanji akan segera mengkontak serta menjalin kerja sama dengan vendor penyedia dua komponen tersebut. Apabila seluruh strategi AMD berhasil, maka kemungkinan besar bisnis AMD bisa melompati NVIDIA berkat tren uang kripto.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.