Disiksa, Nokia 8 Tidak Melengkung dan Tahan Gores

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 08 Oct 2017 10:10 WIB
nokia
Disiksa, Nokia 8 Tidak Melengkung dan Tahan Gores
Penampakan Nokia 8 dengan kamera ganda di bagian belakang.

Metrotvnews.com: Kembalinya Nokia ke industri ponsel membuat orang menantikan daya tahan smartphone tersebut. Seorang YouTuber yang kondang karena hobi ‘menyiksa’ smartphone baru saja merilis video siksaan yang dilakukan pada smartphone Nokia 8.

Dikutip dari halaman YouTube JerryRigEverything, dijelaskan bahwa Nokia 8 menggunakan material aluminium dengan grade 6.000 yang juga digunakan pada Appl. Pada tahap awal, YouTuber ini menguji daya tahan panel layar terhadap goresan dnegan menggunakan lalat bernama Mohs.



Perlu diketahui, alat berbentuk seperti obeng ini merupakan alat untuk menguji kepadatan sebuah material, semakin padat material tersbeut maka biasanya tidak mudah tergores. Alat pengujian ini terdiri dari skala nomor 1 hingga nomor 9.

Panel layar Nokia 8 menggunakan teknologi IPS dengan pelindung kaca Gorilla Glass 5. Ketika menggunakan alat Mohs di level 6 baru mulai terlihat adanya goresan yang bisa terlihat jelas oleh mata. Jerry menjelaskan bahwa ini menandakan layar Nokia 8 tidak akan meninggalkan goresan jika hanya disebabkan oleh benda seperti koin dan kunci.

Kemudian, saat tombol home di bagian bawah digoreskan menggunakan silet atau cutter, masih terlihat jelas bahwa tidak ada goresan yang ditinggalkan. Begitu juga pada kamera depan yang melekat di atas layar, tidak ada goresan yang ditinggaln oleh silet atau cutter.

Beralih ke bagian belakang, punggung Nokia 8 menggunakan bahan aluminium annodized kelas 6.000. Tahap awal pengujian bagian ini dimulai dengan menggoreskan kunci ke punggung Nokia 8. Meskipun meninggalkan bekas, tapi rupanya goresan tersebut hilang ketika disapu tangan. Kondisi berbeda dijumpai ketika menggunakan cutter, goresan permanen akan sangat jelas terlihat.

Bagian kamera belakangnya dilapisi dengan lapisan kaca Gorilla Glass seperti panel layar sehingga cutter pun tidak bisa meninggalkan goresan pada bagian ini. Bagian sisinya juga sulit tergores karena menggunakan bahan metal, tapi tidak dengan bagian atas dan dusutnya yang menggunakan plastik.

Pada bagian berbahan plastik tersebut cutter bisa dengan mudah mengelupas lapisan catnya, hal ini juga berlaku pada bagian sudut bawah.

Pada bagian akhir diperlihatkan ‘siksaan’ yang paling sering ingin diketahui orang, yaitu seberapa kuat smartphone bertahan dari tekanan. Sayangnya, pengujian tahap ini hanya menggunakan tangan. Nokia 8 tidak melengkung, sementara ia pernah menguji iPhone 7 dan berhasil membuatnya melengkung hanya dengan tangan.


(MMI)