Google Pixel Buds, Earphone yang Punya Kemampuan Penerjemah

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 05 Oct 2017 08:31 WIB
google
Google Pixel Buds, Earphone yang Punya Kemampuan Penerjemah
Google mengumumkan produk terbaru bersamaan dengan peluncuran Pixel generasi kedua, yaitu Pixel Buds dengan dukungan Translationa.

Metrotvnews.com: Di tengah presentasi terkait teknologi kecerdasan buatan, Augmented Reality (AR), kamera lebih canggih, dan miniatur asisten cerdas Home, Google mengumumkan produk terbarunya, yaitu Pixel Buds dengan fitur penerjemah.

Pixel Buds merupakan earphone nirkabel baru Google, dengan fungsi serupa Apple AirPods dan Samsung Gear IconX. Google Pixel Buds dapat dihubungkan dengan smartphone Pixel, dan menggunakan mesin penerjemah Google untuk menghadirkan terjemahan langsung dalam 40 bahasa berbeda.

Phone Arena menjelaskan cara kerja perangkat tersebut, memungkinkan dua pihak berbicara satu sama lain dalam bahasa mereka sendiri. Di satu sisi menggunakan Pixel Buds, sementara sisi lain mendengarkan via ponsel Pixel.

Setiap pihak mengucapkan kalimat yang ingin disampaikan dalam bahasa mereka kepada perangkat dan pihak lain akan menerima terjemahan kalimat tersebut secara langsung saat diterima langsung oleh telinga pendengar.

Penjelasan dan demontrasi cara kerja fitur pada earphone tersebut dinilai mengagumkan, namun diperkirakan tidak akan berfungsi dengan mulus layaknya pada demontrasi di kehidupan nyata. Mesin penerjemah Google diketahui kurang mampu menangani kalimat sulit, meski mampu menangani kalimat sederhana antara orang asing.

Fitur Pixel Buds baru ini menjadi langkah sempurna baru Google Translate, dan langkah ini mengingatkan  masyarakat terkait dengan mitos Tower of Babel, mitos yang ditujukan untuk menjelaskan alasan masyarakat dunia berbicara dalam bahasa berbeda.


(MMI)

Video /