Apple Kembangkan Headphone Berkualitas Tinggi?

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 26 Feb 2018 11:53 WIB
apple
Apple Kembangkan Headphone Berkualitas Tinggi?
Apple dilaporkan tengah mengembangkan merek headphone berkualitas tinggi karyanya.

Jakarta: Dalam laporan terbarunya, analis kenamaan KGI Securities Ming-Chi Kuo mengungkap bahwa Apple tengah melakukan pembaruan pada AirPods. Apple juga dilaporkan tengah mengembangkan merek headphone over-the-ear berkualitas tinggi.

Merek headphone berkualitas tinggi karya Apple tersebut diperkirakan meluncur pada kuartal empat 2018. Laporan juga menyebut Apple berencana menghadirkan kenyamanan serupa AirPods dengan kualitas suara lebih baik pada merek headphone ini.

Kuo juga menyebut headphone ini akan dipasarkan dengan harga lebih tinggi, jika dibandingkan AirPod senilai USD159 (Rp2,3 juta). Rumor yang beredar pada awal pekan ini menyebut Apple berencana untuk melakukan sejumlah upgrade pada AirPods.

Rencana upgrade termasuk kemampuan mengaktifkan Siri melalui perintah suara pada tahun ini, dan menjadikannya tahan air pada tahun 2019. Jika laporan tersebut akurat, Apple diperkirakan menyasar konsumen yang menginginkan kemampuan lebih dari yang ditawarkan AirPods.

Keputusan Apple mengembangkan merek headphone karyanya bukanlah hal baru. Sebelumnya, Apple telah memiliki perusahaan headphone miliknya, yaitu Beats, yang diakuisisinya pada tahun 2014 lalu senilai USD3 miliar (Rp42,8 triliun).

Sebelumnya, pemerintah Tiongkok memaksa Apple menyimpan data akun iCloud pengguna asal Tiongkok di data center lokal mulai 28 Februari mendatang. Selain data akun iCloud, Apple juga akan menyimpan kunci cryptography yang dibutuhkan untuk membuka enkripsi akun.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.