YouTube Hapus Lebih dari 150 Ribu Video, Kenapa?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 29 Nov 2017 13:03 WIB
youtube
YouTube Hapus Lebih dari 150 Ribu Video, Kenapa?
YouTube sedang berusaha untuk membersihkan platformnya dari video tak ramah anak. (AFP PHOTO / LIONEL BONAVENTURE)

Jakarta: YouTube mencoba membuat layanan miliknya lebih ramah anak. Situs video milik Google itu mendapatkan kecaman setelah ditemukan beberapa video dengan komentar tak pantas yang ditujukan pada anak.

YouTube kemudian menghapus ratusan akun dan lebih dari 150 ribu video minggu ini, ujar juru bicara YouTube. Selain itu, YouTube juga menonaktifkan seksi komentar pada lebih dari 625 ribu video yang diduga menjadi target predator anak. 

Keputusan ini YouTube ambil setelah bebera pengiklan memutuskan untuk menarik iklannya karena kontroversi ini, termasuk Adidas dan Deutsche Bank. Sayangnya, representatif dari kedua merek itu enggan untuk berkomentar, seperti yang disebutkan oleh CNET.

Sebelum ini, YouTube juga telah mendapatkan kritik karena YouTube Kids -- yang ditujukan untuk anak -- tidak dapat mengenali dan menghapuskan video yang menampilkan gambar-gambar tidak pantas pada anak, seperti Mickey Mouse yang berlumuran darah. 

Kemarin, YouTube juga berkata mereka telah mencabut iklan pada hampir 2 juta video dan lebih dari 50 ribu channel yang berusaha untuk tampil ramah anak tapi memiliki konten tidak pantas.

Minggu lalu, YouTube menetapkan beberapa peraturan baru untuk membuat platform mereka menjadi lebih aman untuk anak.

Salah satunya adalah penggunaan pembelajaran mesin dan alat-alat terotomatisasi untuk mengidentifikasi video tak pantas. Selain itu, YouTube juga menggandakan jumlah orang yang mengawasi konten dalam platform mereka. 

Ini bukan pertama kalinya YouTube mengalami masalah dengan para pengiklannya. Sebelum ini, beberapa pengiklan juga memutuskan untuk berhenti beriklan karena iklan mereka tampil dalam video yang mempromosikan kebencian dan pandangan ekstrem.

Dalam laporan keuangan bulan lalu, CFO YouTube Ruth Porat berkata bahwa para pengiklan yang melakukan boikot telah kembali beriklan di platform mereka.  


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /