Gunakan Laptop di Kelas Turunkan Performa Murid

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 28 Nov 2017 12:37 WIB
teknologilaptop
Gunakan Laptop di Kelas Turunkan Performa Murid
Ilustrasi. (Wikimedia Commons)

Jakarta: Apakah Anda termasuk orang yang menggunakan laptop atau tablet untuk mencatat dalam kelas atau saat rapat? Jika ya, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk kembali menggunakan pensil dan kertas.

Muncul bukti baru bahwa menggunakan laptop di kelas justru akan menurunkan pemahaman murid, yang akan berujung pada nilai yang lebih buruk, lapor The New York Times

Untuk mempelajari efek penggunaan laptop dan tablet dalam kelas, para peneliti di Princeton University dan University of California meminta sekelompok murid untuk mencatat menggunakan kertas dan pulpen sementara satu kelompok lain menggunakan laptop.

Eksperimen itu menunjukkan bahwa para murid yang menggunakan laptop tidak memahami topik yang dibahas sebaik grup yang mencatat menggunakan kertas, lapor The Verge.

Para peneliti kemudian membuat hipotesis bahwa hal ini terjadi karena para siswa yang mencatat menggunakan tangan harus memproses apa yang sang dosen katakan, yang membuat mereka bisa merangkum apa yang dijelaskan dan memahami topik pembelajaran dengan lebih baik.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mencatat menggunakan laptop memiliki "kebiasaan untuk mencatat penjelasan kata demi kata", yang berarti kemungkinan, mereka tidak mencerna informasi yang mereka terima menggunakan bahasa sendiri, yang membuat mereka tidak mengerti apa yang dijelaskan. 

Sementara itu, para peneliti di York University dan McMaster University melakukan studi lain. Mereka menguji para murid dengan meminta mereka mencari sesuatu yang tidak terkait dengan topik pemebelajaran pada laptop mereka -- seperti jadwal tayang bioskop.

Hasilnya, ganggunan ini membuat para murid lupa akan pembahasan yang berlangsung dan orang-orang yang duduk di sekitar pengguna laptop juga terpengaruh. Perhatian mereka ikut teralihkan. 

Terakhir, studi yang diadakan oleh United States Military Academy menguji nilai murid dalam kelas ekonomi dengan membandingkan performa siswa berdasarkan apakah mereka diizinkan menggunakan laptop atau tablet.

Studi itu menemukan bahwa murid-murid yang tidak boleh menggunakan laptop atau tablet mendapatkan nilai yang lebih baik. 

Seiring dengan semakin banyaknya perangkat cerdas dan software pengenalan suara, semakin sedikit orang yang menulis menggunakan tangan. Padahal, menulis dengan tangan telah terbukti meningkatkan kemampuan motorik, memori dan kreativitsas.

Jadi, meskipun mencatat menggunakan laptop akan lebih cepat, Anda mungkin harus mempertimbangkan berapa banyak informasi yang Anda serap. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /