Gunakan Laptop di Kelas Turunkan Performa Murid

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 28 Nov 2017 12:37 WIB
teknologilaptop
Gunakan Laptop di Kelas Turunkan Performa Murid
Ilustrasi. (Wikimedia Commons)

Jakarta: Apakah Anda termasuk orang yang menggunakan laptop atau tablet untuk mencatat dalam kelas atau saat rapat? Jika ya, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk kembali menggunakan pensil dan kertas.

Muncul bukti baru bahwa menggunakan laptop di kelas justru akan menurunkan pemahaman murid, yang akan berujung pada nilai yang lebih buruk, lapor The New York Times

Untuk mempelajari efek penggunaan laptop dan tablet dalam kelas, para peneliti di Princeton University dan University of California meminta sekelompok murid untuk mencatat menggunakan kertas dan pulpen sementara satu kelompok lain menggunakan laptop.

Eksperimen itu menunjukkan bahwa para murid yang menggunakan laptop tidak memahami topik yang dibahas sebaik grup yang mencatat menggunakan kertas, lapor The Verge.

Para peneliti kemudian membuat hipotesis bahwa hal ini terjadi karena para siswa yang mencatat menggunakan tangan harus memproses apa yang sang dosen katakan, yang membuat mereka bisa merangkum apa yang dijelaskan dan memahami topik pembelajaran dengan lebih baik.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mencatat menggunakan laptop memiliki "kebiasaan untuk mencatat penjelasan kata demi kata", yang berarti kemungkinan, mereka tidak mencerna informasi yang mereka terima menggunakan bahasa sendiri, yang membuat mereka tidak mengerti apa yang dijelaskan. 

Sementara itu, para peneliti di York University dan McMaster University melakukan studi lain. Mereka menguji para murid dengan meminta mereka mencari sesuatu yang tidak terkait dengan topik pemebelajaran pada laptop mereka -- seperti jadwal tayang bioskop.

Hasilnya, ganggunan ini membuat para murid lupa akan pembahasan yang berlangsung dan orang-orang yang duduk di sekitar pengguna laptop juga terpengaruh. Perhatian mereka ikut teralihkan. 

Terakhir, studi yang diadakan oleh United States Military Academy menguji nilai murid dalam kelas ekonomi dengan membandingkan performa siswa berdasarkan apakah mereka diizinkan menggunakan laptop atau tablet.

Studi itu menemukan bahwa murid-murid yang tidak boleh menggunakan laptop atau tablet mendapatkan nilai yang lebih baik. 

Seiring dengan semakin banyaknya perangkat cerdas dan software pengenalan suara, semakin sedikit orang yang menulis menggunakan tangan. Padahal, menulis dengan tangan telah terbukti meningkatkan kemampuan motorik, memori dan kreativitsas.

Jadi, meskipun mencatat menggunakan laptop akan lebih cepat, Anda mungkin harus mempertimbangkan berapa banyak informasi yang Anda serap. 


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

1 week Ago

Advan adalah produsen smartphone lokal yang bisa dibilang pejuang sejati. 

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.