Diduga Langgar Paten, AMD Tuntut LG dan MediaTek

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 20 Mar 2017 16:43 WIB
amd
Diduga Langgar Paten, AMD Tuntut LG dan MediaTek
AMD tuntut empat perusahaan karena diduga langgar patennya

Metrotvnews.com: AMD baru-baru ini dilaporkan telah menuntut beberapa perusahaan teknologi karena dianggap melanggar paten teknologi grafisnya.

Perusahaan yang dituntut adalah LG, MediaTek, Sigma Designs, dan Vizio yang diklaim AMD telah menggunakan berbagai teknologi unified graphics shaders dan parallel graphics pipelines tanpa izin di beberapa produk mulai dari ponsel, prosesor mobile, dan televisi pintar.

AMD sendiri menginginkan seluruh produk tersebut ditarik dari pasar.

Meski tututan mengarah pada empat perusahaan teknologi, menurut AnandTech, gugatan AMD kali ini lebih untuk menyerang ARM dan Imagination Technologies. Keduanya merupakan perusahaan yang mendesain prosesor serta chip grafis berteknologi AMD, namun tidak memproduksinya.

Tentu saja akan lebih mudah bagi AMD untuk menuntut langsung perusahaan yang memproduksi produk yang menggunakan teknologi AMD tersebut. AMD sendiri memang sedang gencar mendulang dana dari berbagai paten teknologinya yang banyak digunakan oleh pihak ketiga sejak tahun 2014.

Beberapa perusahaan besar seperti Samsung dan GlobalFoundries telah mengakui paten AMD tersebut sehingga kemungkinan besar AMD akan menang di pengadilan kali ini.

Meski demikian, rata-rata penyelesaian kasus pelanggaran paten teknologi adalah 15 bulan. Waktu tersebut tergolong cukup lama di bidang teknologi dan kemungkinan beberapa produk yang dituntut AMD memang tidak akan lagi dijual saat tuntutan tersebut dikabulkan. Dengan demikian, kasus kali ini bisa dikatakan tidak memiliki dampak besar bagi empat perusahaan tersebut.


(MMI)

Xiaomi  Mi 7 Muncul di MWC 2018?
MWC 2018

Xiaomi Mi 7 Muncul di MWC 2018?

15 hours Ago

Xiaomi akan turut hadir di ajang MWC 2018 mendatang, dan dikabarkan akan mengumumkan Mi 7.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.