Diduga Langgar Paten, AMD Tuntut LG dan MediaTek

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 20 Mar 2017 16:43 WIB
amd
Diduga Langgar Paten, AMD Tuntut LG dan MediaTek
AMD tuntut empat perusahaan karena diduga langgar patennya

Metrotvnews.com: AMD baru-baru ini dilaporkan telah menuntut beberapa perusahaan teknologi karena dianggap melanggar paten teknologi grafisnya.

Perusahaan yang dituntut adalah LG, MediaTek, Sigma Designs, dan Vizio yang diklaim AMD telah menggunakan berbagai teknologi unified graphics shaders dan parallel graphics pipelines tanpa izin di beberapa produk mulai dari ponsel, prosesor mobile, dan televisi pintar.

AMD sendiri menginginkan seluruh produk tersebut ditarik dari pasar.

Meski tututan mengarah pada empat perusahaan teknologi, menurut AnandTech, gugatan AMD kali ini lebih untuk menyerang ARM dan Imagination Technologies. Keduanya merupakan perusahaan yang mendesain prosesor serta chip grafis berteknologi AMD, namun tidak memproduksinya.

Tentu saja akan lebih mudah bagi AMD untuk menuntut langsung perusahaan yang memproduksi produk yang menggunakan teknologi AMD tersebut. AMD sendiri memang sedang gencar mendulang dana dari berbagai paten teknologinya yang banyak digunakan oleh pihak ketiga sejak tahun 2014.

Beberapa perusahaan besar seperti Samsung dan GlobalFoundries telah mengakui paten AMD tersebut sehingga kemungkinan besar AMD akan menang di pengadilan kali ini.

Meski demikian, rata-rata penyelesaian kasus pelanggaran paten teknologi adalah 15 bulan. Waktu tersebut tergolong cukup lama di bidang teknologi dan kemungkinan beberapa produk yang dituntut AMD memang tidak akan lagi dijual saat tuntutan tersebut dikabulkan. Dengan demikian, kasus kali ini bisa dikatakan tidak memiliki dampak besar bagi empat perusahaan tersebut.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

3 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /