Kecepatan Modem 5G Qualcomm X50 Tembus 5Gbps

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 19 Oct 2016 08:26 WIB
qualcomm
Kecepatan Modem 5G Qualcomm X50 Tembus 5Gbps
Qualcomm baru saja memperkenalkan modem X50. (Engadget)

Metrotvnews.com: Internet 5G menjadi tema MWC tahun ini. Selain itu, percobaan untuk 5G juga telah mulai dilakukan. Uni Eropa bahkan mengaku siap mengadopsi teknologi 5G

Kemarin, dalam acara Qualcomm 4G/5G Summit di Hong Kong, Qualcomm mengumumkan modem 5G pertama mereka, Snapdragon X50. Modem 5G dari Qualcomm ini dapat memberikan kecepatan mengunduh hingga 5Gbps.

Hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa mengingat teknologi 4G LTE baru mulai menawarkan kecepatan mengunduh dalam hitungan Gbps sementara di ponsel, kecepatan internet biasanya hanya mencapai 150Mbps, 300Mbps atau 450Mbps.

Menurut Engadget, Qualcomm menyebutkan, perangkat yang menggunakan X50 akan tersedia di semester pertama 2018. Diperkirakan, standar 5G juga akhirnya akan diresmikan pada tahun yang sama. Qualcomm menekankan, modem ini didesain untuk penggunaan 5G awal. Karena itu, kemungkinan, perangkat yang menggunakan X50 tidak akan banyak.

Kecepatan mengunduh hingga 5 Gbps dapat dicapai dengan menggunakan bandwidth 800MHz di spektrum mmWave. Namun, tampaknya, pada awal peluncuran 5G, area yang dapat dijangkau oleh jaringan tersebut akan terbatas.

Untungnya, X50 dapat menggunakan jaringan 5G dan Gigabit LTE secara bergantian selama ia dipasangkan dengan prosesor Snapdragon yang terintegrasi dengan modem Gigabit LTE, seperti X16.

Dengan internet yang jauh lebih cepat yang ditawarkan oleh teknologi 5G, ada beberapa teknologi baru yang bisa kita manfaatkan, seperti augmented reality dan virtual reality.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

4 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /