Dropbox Pasang HDD Western Digital di Pusat Data Awan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 05 Jul 2018 12:49 WIB
western digital
Dropbox Pasang HDD Western Digital di Pusat Data Awan
Ultrastar Hs14 SMR HDD Western Digital.

Jakarta: Produsen solusi perangkat penyimpanan Western Digital (WD) mengumumkan bahwa mereka baru saja menjadi salah satu pendukung pertumbuhan platform cloud milik Dropbox Inc. lewat jajaran produk Ultrastar Hs14 SMR HDD buatan Western Digital.

Dropbox menjadi perusahaan layanan cloud pertama yang memanfaatkan produk Ultrastar Hs14 yang berbasis HDD dengan teknologi perekaman magnetik shingled atau (SMR) pada skala exabyte dalam infrastruktur perangkat penyimpanan yang didesain khusus, Magic Pocket.

Produk Ultrastar Hs14 HDD Western Digital kapasitas 14TB diklaim menyediakan kemampuan bagi Dropbox untuk memanfaatkan kepadatan penyimpanan yang lebih besar serta peningkatan efisiensi daya, pada tingkat keandalan yang sama untuk penyimpanan primer di pusat data cloud Dropbox.

"Solusi Magic Pocket Dropbox merupakan sebuah implementasi teknologi yang inovatif, dan ini merupakan bukti bahwa host-managed SMR HDDs memberikan nilai dalam lingkungan cloud scale-out," ungkap Senior Vice President Devices Western Digital Mark Grace.

"Saat mempertimbangkan kebutuhan berskala eksabyte, dan modal terkait serta biaya operasi pusat data, nilai jangka panjang yang mereka dapatkan adalah dalam hal biaya per-TB yang lebih rendah, kepadatan yang lebih tinggi, daya rendah dan keandalan yang tinggi dapat membantu menghasilkan keuntungan," jelas Grace.

Selain menjadi HDD 14TB pertama di industri, Ultrastar Hs14 HDD Western Digital mampu memberikan total cost of ownership (TCO) terendah untuk perusahaan skala besar dan pusat data cloud.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.