Apple Kembali Tegaskan Konsumen Bukan Bagian dari Produk Mereka

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 08 Aug 2018 14:28 WIB
apple
Apple Kembali Tegaskan Konsumen Bukan Bagian dari Produk Mereka
Apple kembali menegaskan komitmen terkait privasi pengguna produknya kepada pemerintah Amerika Serikat.

Jakarta: Pada awal kemunculan skandal Facebook-Cambridge Analytica, seluruh mata turut memerhatikan Apple. CEO Apple Tim Cook kemudian ditanyai terkait tindakan yang akan dilakukan Apple jika dirinya menjadi CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Eksekutif Apple tersebut memberikan respon yang kemudian seolah menjadi mantra untuk Apple. Cook menyebut dirinya tidak akan pernah berada dalam situasi tersebut, dan mengaku akan memperoleh pendapatan besar jika menjadikan konsumennya sebagai bagian dari produk mereka, namun tidak demikian.

Kini, Direktur Hubungan Pemerintah Federal Apple, Timothy Powderly, secara tidak langsung mengulangi pernyataan Cook tersebut pada surat terbuka kepada perwakilan Oregon Greg Walden, ketua dari House Committee on Energy and Commerce.

Surat tersebut ditulis sebagai respons terhadap surat resmi yang dikirimkan Walden kepada Tim Cook pada bulan lalu. Selain posisi Apple dalam hal privasi, Walden juga menanyakan terkait fungsi mikrofon saat pengguna berinteraksi dengan Siri.

Selain itu melalui surat tersebut, Walden juga menanyakan terkait cara Apple menghimpun informasi, termasuk data lokasi. Melalui surat balasannya, Powderly menyebut bahwa Apple menyakini privasi sebagai hak dasar yang dimiliki oleh manusia.

Apple mengaku secara sengaja merancang produk dan layanan menghimpun data konsumen dengan jumlah paling minimal. Saat menghimpun data, Apple mengklaim terbuka kepada konsumen dan berupaya untuk tidak mengaitkannya kepada pengguna produknya.

Sementara itu, surat serupa juga dikirimkan kepada Cook juga dikirimkan Walden kepada CEO Alphabet Larry Page. Namun, pertanyaan yang dikirimkan kepada Page termasuk penerimaan data lokasi dari pengguna ponsel Android, bahkan menyoal aktivasi layanan lokasi pada perangkat.


(MMI)

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga
Review Gadget

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga

5 hours Ago

Vivo V11 Pro sebagai smartphone segmen menengah memberikan RAM 6GB dan kamera depan 24MP.…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.