Indonesia Pasar Penting untuk E-Commerce, Kenapa?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 06 Apr 2018 18:55 WIB
e-commerce
Indonesia Pasar Penting untuk E-Commerce, Kenapa?
Co-Founder dan CEO Zilingo, Ankiti Bose. (Medcom.id)

Jakarta: Indonesia adalah pasar yang penting bagi Zilingo. Memang, bagi banyak perusahaan teknologi, Indonesia adalah pasar yang penting.

Menurut situs e-commerce fesyen Zilingo, salah satu alasannya adalah karena Indonesia memiliki populasi besar. Indonesia memiliki lebih dari 260 juta penduduk, menjadikan kita sebagai negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia. 

Menurut Ankiti Bose, Co-founder dan CEO Zilingo, alasan lain Indonesia penting bagi perusahaannya adalah karena Indonesia adalah negara yang "mobile first". Artinya, kebanyakan masyarakat Indonesia mengenal internet melalui perangkat mobile.

"Kebanyakan orang di sini mulai menggunakan internet melalui perangkat mobile daripada desktop," kata wanita yang akrab dengan panggilan Ankiti ini dalam acara peluncuran Zilingo di Empirica. 

Tidak hanya itu, 90 persen trafik di Indonesia juga datang dari mobile. "Ini tidak pernah terjadi di negara-negara lain, bahkan di negara yang mirip Indonesia, seperti India dan Thailand," kata Ankiti.

Tidak hanya aktif menggunakan perangkat mobile, netizen Indonesia juga aktif menggunakan media sosial seperti Facebok dan Instagram. 

Situs Zilingo sendiri mulai aktif pada Februari tahun lalu. Dalam waktu enam bulan, Ankiti bercerita, pengguna Zilingo tumbuh tujuh kali lipat. Dia merasa, ini adalah bukti bahwa produk fesyen yang ditawarkan melalui e-commerce ini sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Selain itu, penjual atau merchant yang aktif di Zilingo juga bertambah hingga empat kali lipat. 

Secara total, Zilingo kini memiliki 10 ribu penjual di seluruh dunia. Sebanyak 15 persen, atau sekitar 1.500 orang, ada di Indonesia. Memang, Zilingo adalah e-commerce yang berusaha membantu para Usaha Kecil Menengah fesyen untuk mulai menjual barangnya secara online

Ankiti menyebutkan, Zilingo melihat para penjual sebagai "rekan". "Kita tumbuh seiring dengan bertumbuhnya para penjual. Mereka tumbuh ketika mereka tumbuh," katanya.

"Karena itulah, kami berusaha untuk mengerti permasalahan yang mereka hadapi dan menyelesaikannya." 

Sarah Humaira, Marketing Director Zilingo Indonesia menjelaskan, ketika Zilingo mengajak para penjual untuk berjualan di platform miliknya pertama kali, mereka langsung mendantangi para penjual, mulai dari penjual yang ada di Bandung, Yogyakarta hingga Surabaya.

"Kami bertanya apa visi dan kendala mereka untuk mengembangkan bisnis mereka," kata Sarah. Zilingo memang menawarkan berbagai layanan bantuan untuk para penjualnya, mulai dari pengepakan barang, cara mengambil foto dan video, hingga harga ideal yang ditawarkan. 


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.