Pentingnya Internet Kabel di Rumah

M Studio    •    Senin, 28 Mar 2016 09:25 WIB
myrepublic
Pentingnya Internet Kabel di Rumah
Ilustrasi: IT Telco

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat Anda datang ke restoran, pertanyaan apa yang pertama Anda lontarkan pada pramusaji? Menu yang ada ataukah password WiFi?

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan masyarakat pun mulai berubah. Internet telah menjadi sebuah kebutuhan, terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta.

Hal ini terbukti dari pengguna internet di Indonesia terus naik. Menurut data dari e-Marketer, pengguna internet Indonesia di tahun lalu telah mencapai 93,4 juta. Satu hal yang menarik, di kawasan Asia, termasuk Indonesia, lebih banyak orang yang mengakses internet melalui smartphone.

Penggunaan perangkaat mobile yang lebih dominan inilah yang mungkin membuat sebagian orang berpikir bahwa membeli internet untuk perangkat mobile saja sudah cukup.

Namun, sebenarnya, paket kuota sebaiknya hanya digunakan saat Anda berada di luar rumah. Karena data internet yang ditawarkan oleh operator telekomunikasi biasanya berupa paket kuota, yang berarti, begitu kuota habis, maka Anda tidak bisa lagi menggunakan internet.

Sementara untuk penggunaan internet di rumah, sebaiknya Anda menggunakan layanan internet kabel.

Rumah adalah tempat berkumpulnya anggota keluarga. Di era serba digital sekarang ini, bukan hal yang mengherankan jika masing-masing anggota keluarga memiliki gadget sendiri dan memiliki kegiatan favorit sendiri, mulai dari menonton video streaming hingga bermain game. Karena itulah, penggunaan layanan internet kabel menjadi lebih menguntungkan.

Tidak hanya internet kabel menawarkan jaringan yang lebih stabil, ia juga dapat memberikan bandwidth yang lebih besar, yang berarti, Anda bisa menggunakan internet sepuasnya tanpa perlu takut kuota akan habis.

Internet kabel juga dapat digunakan sebagai dasar membangun smart home alias rumah pintar. Seperti yang sudah Anda ketahui, saat ini, kita mulai memasuki era IoT alias Internet of Things. Berbagai perangkat cerdas mulai muncul di pasar, mulai dari kamera CCTV hingga pengendali lampu atau suhu ruangan.

Perangkat cerdas ini dapat saling "berkomunikasi" dengan satu sama lain. Untuk melakukan itu, ia membutuhkan koneksi internet yang memadai dan yang pasti, stabil.

Saat ini, mulai banyak penyedia layanan internet. Masing-masing provider biasanya menawarkan layanan dengan ketentuan yang beragam. Meskipun layanan internet kabel identik dengan layanan unlimited alias tak berbatas kuota, ada penyedia yang tetap menerapkan batasan yang disebut FUP (Fair Usage Policy).

Karena itulah, sebaiknya, sebelum Anda berlangganan layanan internet untuk rumah, Anda periksa terlebih dulu bagaimana kebijakan penyedia layanan. Jika Anda mencari layanan internet unlimited tanpa FUP, salah satu penyedia yang memberikan layanan tersebut adalah MyRepublic.

Beberapa penyedia layanan internet rumah masih menggunakan kabel tembaga. Tidak begitu dengan MyRepublic yang sudah menggunakan fiber optic. Salah satu keunggulan fiber optic jika dibandingkan dengan kabel tembaga adalah karena ia dapat memberikan kecepatan internet yang lebih tinggi. Selain itu, fiber optic juga memiliki bandwidth kabel yang lebih besar.

Kabel fiber optic terbuat dari bahan dasar serat kaca yang tidak mengalirkan listrik, karena itu, jika dibandingkan dengan kabel jaringan lain, potensi kabel fiber optic menyebabkan kebakaran atau korsleting kecil.

Kabel fiber optic juga tidak akan terkena gangguan gelombang frekuensi bahan elektrik karena ia mengirim gelombang cahaya dan bukan sinyal listrik. Karena itu, ia cocok digunakan di kawasan yang disekitarnya terdapat gelombang frekuensi tinggi.
 


(ABE)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.