Livestreaming

Renesas akan Akuisisi Produsen Chip AS

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 14 Sep 2016 15:05 WIB
teknologi
Renesas akan Akuisisi Produsen Chip AS
Renesas berhasil akuisisi Intersil. (REUTERS/Toru Hanai/File Photo)

Metrotvnews.com: Kemarin, Renesas Electronics dari Jepang berkata bahwa mereka akan membeli Intersil, perusahaan pembuat chip asal Amerika Serikat, senilai USD3.22 miliar (Rp42,57 triliun). Pengumuman ini dibuat di tengah ramainya konsolidasi di industri semikonduktor di dunia.

Renesas, yang menguasai hampir 40 persen pasar global untuk mikrokontrol chip pada mobil, ingin menyelesaikan transaksi ini di bulan Juni tahun depan sehingga mereka dapat menguasai perusahaan pembuat chip yang yang berasal dari California.

Perlambatan pertumbuhan industri komputer dan smartphone -- yang selama ini menjadi industri utama pembuat chip -- mendorong terjadinya banyak merger. Untuk meningkatkan penjualan, para pembuat chip kini juga mulai melirik industri mobil listrik. 

Di akhir tahun lalu, Renesas merupakan perusahaan pembuat chip dengan pangsa pasar terbesar ketiga, yaitu 9,1 persen, berdasarkan data dari Gartner. Perusahaan yang berasal dari Tokyo ini berkata, mereka ingin menggunakan uang kas perusahaan untuk menyelesaikan akuisisi ini.

Intersil, yang chipnya digunakan baik dalam infrasktruktur dan industri, akan memperbanyak portofolio produk analog chip Renesas. Analog chip berfungsi untuk memproses sinyal-sinyal seperti suara, cahaya dan temperatur dan mengubahnya menjadi sinyal digital.

Renesas berhasil mengalahkan perusahaan lain yang juga ingin mengakusisi Intersil, Maxim Integrated Products dengan menjanjikan bahwa mereka akan memberikan Intersil akses ke jaringan klien motor mereka untuk mendukung bisnis terkait otomotif dari Intersil, kata narasumber pada Reuters.


(MMI)

Video /