Setelah iPhone 7, Apple Juga Hapus Jack Audio di MacBook Pro?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 16 Sep 2016 16:49 WIB
apple
Setelah iPhone 7, Apple Juga Hapus Jack Audio di MacBook Pro?
Apple dikabarkan juga berencana untuk menghilangkan jack audio 3.5mm dari MacBook Pro.

Metrotvnews.com: Setelah resmi menghilangkan jack audio 3.5mm pada smartphone terbarunya, yaitu iPhone 7, beredar rumor yang menyebut Apple juga berencana untuk turut menghilangkan fitur ini dari notebook MacBook Pro.

Rumor ini muncul setelah Apple meminta pengguna MacBook Pro mengisi survei untuk menyuarakan pendapat mereka terkait kegunaan dari berbagai opsi konektivitas yang mendukung laptop mereka.

Salah satunya terkait kegunaan dari jack headphone pada laptop tersebut, yang dinilai mengindikasikan niatan Apple tersebut.

Tidak hanya jack audio, Apple juga menanyakan pertanyaan terkait port lain, seperti cara pengguna mengunggah foto dari kamera digital atau ponsel ke MacBook Pro dengan Retina Display.

Pertanyaan ini mengacu pada kegunaan slot kartu SD dan port USB. Sebelumnya, Apple dikabarkan akan menghilangkan slot kartu SD pada lini MacBook Pro terbaru yang akan meluncur bulan depan.

Berdasarkan bocoran gambar casing MacBook Pro terbaru, laptop ini akan dilengkapi konektivitas USB Type-C dan jack headphone 3.5mm, sehingga rencana penghilangan fitur jack audio tersebut tidak akan diaplikasikan Apple dalam waktu dekat, seperti yang dilaporkan 9to5Mac.

Dengan desain MacBook Pro yang hampir rampung dan dikabarkan akan diluncurkan pada bulan Oktober mendatang, survei ini sebagai bahan pertimbangan desain produk selanjutnya.

Rencana Apple ini menimbulkan perdebatan di sejumlah kalangan, yang menilai MacBook Pro tidak dibekali dengan port yang cukup, sementara yang lain menyetujui rencana ini.


(MMI)

Video /