Facebook Kembangkan Helikopter Demi Pancarkan Internet Saat Bencana

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 20 Apr 2017 12:03 WIB
internetfacebook
Facebook Kembangkan Helikopter Demi Pancarkan Internet Saat Bencana
Konferensi F8 di San Jose. (AP Photo / Noah Berger)

Metrotvnews.com: Facebook sedang mengembangkan helikopter kecil yang dapat digunakan dalam keadaan darurat untuk memancarkan internet. Hal ini Facebook sampaikan dalam konferensi F8 yang diadakan di San Jose. Helikopter yang dinamai "Tether-tenna" ini akan menyediakan "infrastruktur instan" dalam keadaan darurat.

"Setelah sempurna, teknologi ini akan dapat beroperasi selama beberapa bulan untuk menyediakan konektivitas dalam keadaan darurat," ujar Yael Maguire, Director Connectivity Lab, Facebook dalam sebuah blog post. 

Tether-tenna dapat dikirimkan dalam keadaan ketika jaringan seluler tidak bisa dipakai tapi jaringan fiber di kawasan tersebut masih bisa bekerja, ujar Maguire seperti yang dikutip dari The Verge. Dalam keadaan seperti itu, helikopter ini akan terhubung ke jaringan fiber dan jaringan listrik sebelum terbang beberapa ratus kaki di udara untuk memancarkan sinyal. 

Masih belum diketahui apakah Facebook akan membuat armada helikopter sendiri atau akan bekerja sama dengan rekan operator telekomunikasi untuk itu. Maguire berkata, helikopter ini memiliki ukuran layaknya Volkswagen Beetle. 



"Program ini masih berada dalam tahap awal pengembangan dan masih banyak masalah yang harus diselesaikan untuk memastikan ia dapat beroperasi secara otonom selama berbulan-bulan. Namun, kami sangat senang dengan kemajuan yang ada," tulis Maguire.

Dalam konferensi F8, Maguire mengatakan, dalam pengujian awal, Tether-tenna dapat beroperasi selama 24 jam tanpa berhenti. Nantinya, dia berkata, dia berharap ia akan dapat berjalan selama berbulan-bulan. Namun, pertama, mereka harus menyelesaikan berbagai masalah yang ada, termasuk memastikan Tether-tenna bisa bertahan saat ia menghadapi angin kencang dan petir. 

Selain itu, mereka juga harus memikirkan cara untuk membuat helikopter ini jadi aman, mengingat ia akan menggunakan daya dari kabel bertengangan tinggi. Tether-tenna adalah salah satu dari banyak proyek Facebook untuk memastikan internet dapat terus diakses di berbagai belahan dunia. 


(MMI)