Facebook Kembangkan Helikopter Demi Pancarkan Internet Saat Bencana

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 20 Apr 2017 12:03 WIB
internetfacebook
Facebook Kembangkan Helikopter Demi Pancarkan Internet Saat Bencana
Konferensi F8 di San Jose. (AP Photo / Noah Berger)

Metrotvnews.com: Facebook sedang mengembangkan helikopter kecil yang dapat digunakan dalam keadaan darurat untuk memancarkan internet. Hal ini Facebook sampaikan dalam konferensi F8 yang diadakan di San Jose. Helikopter yang dinamai "Tether-tenna" ini akan menyediakan "infrastruktur instan" dalam keadaan darurat.

"Setelah sempurna, teknologi ini akan dapat beroperasi selama beberapa bulan untuk menyediakan konektivitas dalam keadaan darurat," ujar Yael Maguire, Director Connectivity Lab, Facebook dalam sebuah blog post. 

Tether-tenna dapat dikirimkan dalam keadaan ketika jaringan seluler tidak bisa dipakai tapi jaringan fiber di kawasan tersebut masih bisa bekerja, ujar Maguire seperti yang dikutip dari The Verge. Dalam keadaan seperti itu, helikopter ini akan terhubung ke jaringan fiber dan jaringan listrik sebelum terbang beberapa ratus kaki di udara untuk memancarkan sinyal. 

Masih belum diketahui apakah Facebook akan membuat armada helikopter sendiri atau akan bekerja sama dengan rekan operator telekomunikasi untuk itu. Maguire berkata, helikopter ini memiliki ukuran layaknya Volkswagen Beetle. 



"Program ini masih berada dalam tahap awal pengembangan dan masih banyak masalah yang harus diselesaikan untuk memastikan ia dapat beroperasi secara otonom selama berbulan-bulan. Namun, kami sangat senang dengan kemajuan yang ada," tulis Maguire.

Dalam konferensi F8, Maguire mengatakan, dalam pengujian awal, Tether-tenna dapat beroperasi selama 24 jam tanpa berhenti. Nantinya, dia berkata, dia berharap ia akan dapat berjalan selama berbulan-bulan. Namun, pertama, mereka harus menyelesaikan berbagai masalah yang ada, termasuk memastikan Tether-tenna bisa bertahan saat ia menghadapi angin kencang dan petir. 

Selain itu, mereka juga harus memikirkan cara untuk membuat helikopter ini jadi aman, mengingat ia akan menggunakan daya dari kabel bertengangan tinggi. Tether-tenna adalah salah satu dari banyak proyek Facebook untuk memastikan internet dapat terus diakses di berbagai belahan dunia. 


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

15 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.