Konsumen Harus Tunggu iPhone X Sampai Maret 2018?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 29 Sep 2017 10:04 WIB
apple
Konsumen Harus Tunggu iPhone X Sampai Maret 2018?
Akibat permasalahan terkait komponen, iPhone X baru akan tersedia di pasar pada bulan Februari dan Maret 2018.

Metrotvnews.com: Proses produksi iPhone edisi ulang tahun kesepuluh, iPhone X, dikabarkan mengalami penundaan produksi. Akibat perusahaan pemasok komponen pendukung teknologi sensor 3D untuk fitur Face ID mengalami permasalahan.

Fitur Face ID digunakan berfungsi untuk mendeteksi wajah pengguna untuk membuka kunci perangkat dan untuk melakukan verifikasi identitas pengguna untuk  melakukan pembayaran via perangkat mobile. Sebagai pengingat, Apple iPhone 8, Apple iPhone 8 Plus dan Apple iPhone X diumumkan pada 12 September lalu.

Sementara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus telah dirilis di pasar pada 22 September lalu, perlambatan yang dialami oleh produksi iPhone X mengindikasikan smartphone ini tidak akan diluncurkan hingga 3 November mendatang. iPhone X diperkirakan akan disambut hangat oleh konsumen namun hanya akan memiliki pasokan terbatas.

Analis bernama Gene Munster memperkirakan iPhone X baru akan tersedia di toko setidaknya paling awal pada Januari mendatang. Sementara itu, analis Jackdaw Research, Jan Dawson memperkirakan iPhone X akan dipasarkan pada kuartal pertama tahun 2018, atau sekitar bulan Maret mendatang.

Selain permasalahan terkait dengan komponen untuk pemindaian 3D, pasokan panel OLED juga diperkirakan mengalami hambatan. Panel tersebut harus dibuat dengan cara khusus, dan harus berbekal bagian di atas layar, yang digunakan untuk menyematkan sensor dan kamera.

Penundaan yang melibatkan iPhone X secara ironis akan menguntungkan bagi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Konsumen diprediksi akan merasa frustasi akibat masa penundaan ketersediaan iPhone X di pasar yang semakin lama, sehingga kemudian menyerah menunggu dan membeli iPhone 8 atau iPhone 8 Plus.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.