Konsumen Harus Tunggu iPhone X Sampai Maret 2018?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 29 Sep 2017 10:04 WIB
apple
Konsumen Harus Tunggu iPhone X Sampai Maret 2018?
Akibat permasalahan terkait komponen, iPhone X baru akan tersedia di pasar pada bulan Februari dan Maret 2018.

Metrotvnews.com: Proses produksi iPhone edisi ulang tahun kesepuluh, iPhone X, dikabarkan mengalami penundaan produksi. Akibat perusahaan pemasok komponen pendukung teknologi sensor 3D untuk fitur Face ID mengalami permasalahan.

Fitur Face ID digunakan berfungsi untuk mendeteksi wajah pengguna untuk membuka kunci perangkat dan untuk melakukan verifikasi identitas pengguna untuk  melakukan pembayaran via perangkat mobile. Sebagai pengingat, Apple iPhone 8, Apple iPhone 8 Plus dan Apple iPhone X diumumkan pada 12 September lalu.

Sementara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus telah dirilis di pasar pada 22 September lalu, perlambatan yang dialami oleh produksi iPhone X mengindikasikan smartphone ini tidak akan diluncurkan hingga 3 November mendatang. iPhone X diperkirakan akan disambut hangat oleh konsumen namun hanya akan memiliki pasokan terbatas.

Analis bernama Gene Munster memperkirakan iPhone X baru akan tersedia di toko setidaknya paling awal pada Januari mendatang. Sementara itu, analis Jackdaw Research, Jan Dawson memperkirakan iPhone X akan dipasarkan pada kuartal pertama tahun 2018, atau sekitar bulan Maret mendatang.

Selain permasalahan terkait dengan komponen untuk pemindaian 3D, pasokan panel OLED juga diperkirakan mengalami hambatan. Panel tersebut harus dibuat dengan cara khusus, dan harus berbekal bagian di atas layar, yang digunakan untuk menyematkan sensor dan kamera.

Penundaan yang melibatkan iPhone X secara ironis akan menguntungkan bagi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Konsumen diprediksi akan merasa frustasi akibat masa penundaan ketersediaan iPhone X di pasar yang semakin lama, sehingga kemudian menyerah menunggu dan membeli iPhone 8 atau iPhone 8 Plus.


(MMI)