ASUS Kini Punya Motherboard Seri TUF GAMING

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 30 Sep 2017 20:16 WIB
asus
ASUS Kini Punya Motherboard Seri TUF GAMING
Jajaran Motherboard ASUS TUF GAMING

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Ada yang berbeda dengan jajaran motherboard ASUS untuk Coffee Lake yang baru dikenalkan di acara ASUS APAC Technical Seminar 2017. Di acara tersebut ASUS mengumumkan satu varian motherboard baru yaitu TUF GAMING. Sesuai dengan namanya, motherboard tersebut merupakan turunan baru dari seri motherboard The Ultimate Force (TUF) yang dikenal sebagai motherboard dengan durabilitas tinggi.

Menariknya, TUF GAMING tidak diposisikan sebagai motherboard kelas atas. Ia merupakan motherboard gaming kelas pemula dari ASUS yang posisinya di bawah ROG dan STRIX, serta sejajar dengan seri PRIME namun dengan fitur dan tampilan ala gaming.



"Kami memang sengaja menghadirkan TUF GAMING untuk mengisi kekosongan produk motherboard gaming ASUS di pasar pemula," ujar salah satu perwakilan ASUS. "TUF GAMING berbeda dengan TUF. Ia memiliki desain serta fitur yang lebih menyasar untuk pasar gaming."

Ada dua motherboard TUF GAMING yang dipamerkan oleh ASUS kali ini, yaitu TUF Z370-PLUS GAMING dan TUF Z370-PRO GAMING. Keduanya hadir dengan nuansa hitam-kuning dan menggunakan desain yang terinspirasi oleh peralatan militer.

Beberapa fitur yang diunggulkan oleh motherboard TUF GAMING adalah durabilitas. ASUS mengklaim seri motherboard TUF GAMING masih unggul dalam hal durabilitas sama seperti pendahulunya. Meski demikian, garansi motherboard ini tidak selama motherboard TUF, yaitu hanya 3 tahun dengan catatan garansi akan berbeda di setiap wilayah penjualan.

Karena merupakan motherboard gaming, fitur khusus untuk bermain game juga disematkan di motherboard TUF GAMING. Beberapa fitur tersebut salah satunya adalah teknologi DTS gaming audio yang sudah disematkan. 



Selain itu, fitur overclocking juga kini disajikan dengan lebih simpel pada motherboard TUF GAMING. Hal tersebut karena sasaran penggunanya lebih ke arah pengguna pemula yang belum tahu mengenai seluk beluk overclocking. Dengan demikian, overclocking bisa dilakukan dengan menekan satu tombol khusus dan sistem akan mendeteksi seberapa jauh performa komponennya bisa ditingkatkan.

Tidak lupa, fitur AURA RGB juga sudah disiapkan di motherboard ini agar tampilannya lebih menarik untuk gamer. Ia juga sudah mendukung berbagai teknologi terkini seperti penyimpanan menggunakan M.2 SSD hingga teknologi Intel Optane Memory.

Sama seperti seri motherboard ASUS Z370 lainnya, TUF GAMING juga bakal hadir saat Intel resmi merilis prosesor Coffee Lake di pasar bulan Oktober mendatang.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.